Segitiga Emas > Hiburan

Ini Cerita Pendatang Baru Riyan Pondaga di Industri Musik

Sabtu, 18 Maret 2017 14:12 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Adresau Sipayung

Musisi pendatang baru, Riyan Pondaga
Musisi pendatang baru, Riyan Pondaga
Foto : Adresau Sipayung

Share this

0


2


0

Sempat alami masa sulit, Pendatang Baru, Riyan Pondaga tak pernah menyerah mencapai mimpinya di industri musik Tanah Air.

SUDIRMAN – Musisi pendatang baru, Riyan Pondaga, kini mulai mencapai puncak karirnya lewat mini albumnya, berjudul ‘AKU, yang baru dirilisnya pada Jumat (17/3/2017) kemarin, di Pasific Place, SCBD, Jalan Sudirman, Jakarta Selatan.

Keberhasilannya itu pun tak semata-mata mudah diraih seperti membalikkan telapak tangan. Riyan mengaku beragam rintangan perlu dilewatinya.

"Dari kecil, passion aku itu musik. aku sudah ikut-ikutan lomba dari sejak SD. Beranjak dewasa, saya pernah terlibat pada kompetisi yang sekalanya besar, yakni Depok Idola. Waktu itu, aku bisa juara satu dari peserta se-kota," cetus Riyan kepada Infonitas.com.

Momen itulah yang menjadi jalan pembuka bagi Riyan, untuk terus berkarya lewat suara emasnya. Terbukti, pada 2012, ia kembali menyabet juara dua dalam lomba karya cipta lagu se-Jawa Barat, dengan lagu ‘Berharap pada Angin’.

Disamping itu, pria lulusan Universitas Pancasila ini pernah bergabung dalam label rekaman namun hanya bertahan satu tahun. Baginya, sulit untuk menaikkan pamor di panggung musik tanah air.

"Kemenangan sebelumnya itu jadikan aku berani melanjutkan karir. Bahkan, aku pernah masuk label tapi drop out. Hal ini sayang sekali karena grup Big Boys (grup vokalnya) kalah di market musik. Tapi, aku tak patah semangat, saya terus berkarya dengan ciptakan lagu seperti Aku Pasti Bisa," ujarnya.

Baca : Ketua RW 07 Giat Ajak Warga Nabung di Bank Sampah

Tak hanya itu, pria berbadan gempal tersebut juga sempat berhenti dalam panggung musik. Dia harus fokus di perkuliahan. Tapi tidak lama dari itu, Ryan kembali dengan tampil live di media sosial yakni Smule, YouTube, serta Bigolive.

"Aku senang sekali bisa melewatkan semua proses serta lika liku tersebut. Sehingga, aku pun terbentuk menjadi penyanyi yang pantang menyerah di industri musik tanah air. Seperti saat sekarang, aku sudah dapat keluakan mini album. Semoga perjalanan aku dalam dunia musik terus berlanjut," tutup pria 30 tahun tersebut.