Segitiga Emas > Bisnis

Mendorong Pertumbuhan UMKM dalam Dunia Online

Rabu, 11 Januari 2017 18:15 WIB
Editor : Denisa Tristianty | Reporter : Purwanto

Achmad Zaky, CEO dan Founder Bukalapak.(Ipunk)
Achmad Zaky, CEO dan Founder Bukalapak.(Ipunk)

Share this





Promosi Bukalapak bagi CEO Bukalapak, Achmad Zacky tidak mempengaruhi pendapatan.

SETIA BUDI - CEO dan Founder Bukalapak, Achmad Zacky berharap bisa lebih memajukan para Usaha Mikro Menengah dan Kecil (UKM) di seluruh Indonesia.

Menurutnya, pendapatan Bukalapak ditahun 2016 sudah naik sebesar tujuh kali lipat, hal ini bisa menambah keyakinan para pelaku UMKM yang akan ikut bergabung.

Meski di tahun 2016 Bukalapak beriklan, menurut Achmad Zaky, perusahaan yang dibangunnya itu mampu meraih keuntungan 7 kali lipat. Selain itu, ketidakhadiran marketing di tahun 2017 juga tidak membuat berkurangnya keuntungan salah satu e-commerce ini.

"Jika kita tidak pasang operasional cost sudah ketutup dari pendapatan kami. Saya melihat jika konsistensi pertumbuhan dengan percepatan ini maka 3 sampai 5 tahun Bukalapak akan jauh lebih besar dari supermarket ternama di Indonesia,"tutur Achmad Zaky, kepada infonitas.com di Gedung Nusa Indah Theater, Balai Kartini, jalan Jendral Gatot Subroto Kav.3, Kuningan Timur, Setia Budi, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2017).

Lebih lanjut, Achmad Zaky menjelaskan, selain menjual barang dagangan di Bukalapak, para pelaku UMKM juga bisa melakukan promotion tool atau iklan di tools website, atau juga bisa langsung di laman google.

"Sejauh ini penggerak pelapak secara langsung turun ke jalan dan mengajak dan juga mengajarkan para pelaku UMKM yang masih berjualan secara tradisional agar go online,"pungkasnya.

 

Segitiga Emas > Bisnis

Harapan Menteri Rudiantara Terhadap Bukalapak

Rabu, 11 Januari 2017 18:00 WIB
Editor : Denisa Tristianty | Reporter : Purwanto

Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia berfoto bersama Achmad Zaky, CEO dan Founder Bukalapak. (Ipunk)
Rudiantara, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia berfoto bersama Achmad Zaky, CEO dan Founder Bukalapak. (Ipunk)

Share this





UMKM menjadi sasaran penting bagi Menkominfo Rudiantara atas apa yang dilakukan Bukalapak.

SETIA BUDI - Selama tujuh tahun berdiri, Bukalapak mampu mengajak para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dapat memanfaatkan digital dan go online.

Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara menjelaskan salah satu e-commerce ini turut mendukung misi pemerintah untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara ekonomi digital se-Asia Tenggara pada 2020 mendatang.

"Saya berharap agar di usia ke-7 Bukalapak ini, akan semakin banyak pelaku UMKM yang dapat memanfaatkan sebagai salah satu wadah untuk pengembangan pemasaran mereka,"tutur Rudiantara kepada infonitas.com saat menghadiri acara hari ulangtahun Bukalapak di Gedung Nusa Indah Theater, Balai Kartini, jakan Jendral Gatot Subroto Kav.3, Kuningan Timur, Setia Budi, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2017).

 

Segitiga Emas > Bisnis

Transaksi Bukalapak 2016 Sentuh Rp10 Triliun

Rabu, 11 Januari 2017 17:47 WIB
Editor : Denisa Tristianty | Reporter : Purwanto

CEO dan founder Bukalapak, Achmad Zacky. (Ipunk)
CEO dan founder Bukalapak, Achmad Zacky. (Ipunk)

Share this





CEO dan founder Bukalapak.com sebut mencapai profitabilitas.

SETIA BUDI - Pada Selasa (10/1/2017), Bukalapak.com merayakan hari jadi ke-7, di Gedung Nusa Indah Theater, Balai Kartini, Jalan Jendral Gatot Subroto Kav.3, Kuningan Timur, Setia Budi, Jakarta Selatan.

"Bukalapak di tahun 2016 mencapai nilai transaksi hingga Rp10 triliun. Berarti,selangkah lagi menuju profitabilitas,"kata CEO dan Founder Bukalapak, Achmad Zaky kepada awak media saat konferensi Pers di Balai Kartini, Setia Budi, Jakarta Selatan, Selasa (10/1/2017).

Soal pencapaian, ia mengaku tidak lepas dari kisah masa-masa awal membangun Bukalapak.

"Dulu, masyarakat Indonesia belum familiar dengan e-Commerce ini. Namun, sekarang Bukalapak sendiri sudah menjadi destinasi pasar online teramai di Indonesia dengan 11,2 juta anggota,"ungkpanya.

"Dengan 1,3 juta Pelapak yang bergabung dan berhasil menciptakan lapangan pekerjaan baru, pendapatan Bukalapak di 2016 naik 20 kali lipat. Selangkah lagi menuju profitabilitas. Saya berharap di tahun 2017 pencapaian ini masih bisa bertahan atau bahkan meningkat,"tutur Achmad Zaky 

Sekitar seribu pengunjung, yang terdiri dari karyawan Bukalapak dan juga para pelapak turut meramaikan perayaan tersebut.

Dalam kesempatan ini, turut hadir Airlangga Hartanto, Menteri Perinsdustrian Republik Indonesia dan Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.