Rabu, 31 Oktober 2018 21:17:00
Editor : Muhamad Ibrahim | Sumber : Neraca.id
Ini Tips Bertahan Bisnis Masa Kini
Ilustrasi (Ist)
Foto : istimewa
 

KEBAYORAN - Belakangan banyak bisnis anyar bermunculan. Contohnya saja bisnis kuliner yang banyak dicari orang seperti martabak dengan aneka topping warna-warni, bakso super besar hingga minuman kekinian seperti es milo dan sebagainya. Bisnis kuliner tersebut ada yang bertahan bahkan tak sedikit berumur jagung sudah tumbang.

Penyebabnya sepele, yakni konsumen cepat bosan dengan menu yang dihadirkan. Ditambah, bermunculan kuliner anyar yang menggugah selera makan. Akibatnya, banyak pemilik menutup usaha begitu saja.

Namun begitu, jika Anda berniat terjun ke bisnis kuliner, sebaiknya memahani betul tips-tips dibawah ini agar usaha yang dirintis bertahan.

1. Kenali Durasi Ketahanan Bisnis

Sejatinya, saat Anda memulai sebuah bisnis tak ada yang langsung sukses. Pasti awalnya ada kerugian yang didapat. Namun, jangan takut kerena hal tersebut wajar terjadi. Anda harus bersabar dan menekuni lebih dalam.

2. Kontrol Pengeluaran

Mengontrol pengeluaran sangat penting dilakukan dalam bisnis yang dijalankan. Termasuk untung ruginya. Jika sudah tidak memungkinkan mengantongi keuntungan, paling tidak modal yang dikeluarkan kembali untuk modal bisnis selanjutnya.

3. Pelajari Kesalahan Sebelumnya

Pelajari apa saja kesalahan selama menjalankan bisnis. Ini sebagai bentuk evaluasi agar bisnis kian berkembang. Contohnya saja, faktor lokasi, cara promosi, penetapan harga hingga branding produk yang dipasarkan.

4.Jangan Mudah Menyerah

Kegagalan akan datang saat memulai bisnis. Namun jangan patah semangat, pasalnya, pebisnis akan menjadi andal melalui setiap pengalaman gagalnya tersebut. Tanamkan di pikiran “Kalau gagal coba lagi”. Selama melalui kegagalan demi kegagalan, maka akan menemui model bisnis yang cocok. Sebab, dalam sebuah bisnis diperlukan gebrakan yang berbeda dari yang lain agar menjadi berhasil.

5. Minta Dukungan Orang Sekitar

Dukungan dari orang-orang terdekat akan berguna bagi pebisnis pemula. Pasalnya, masih saja ada orang yang berpikir memulai usaha sangat sulit karena memiliki risiko yang besar.

Padahal dengan keinginan generasi muda memulai bisnisnya sendiri merupakan hal yang sangat baik. Pebisnis yang mulai diasah kemampuan bisnisnya sedari muda justru akan memiliki lebih banyak pengalaman.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda