Puri > Profil

Ratnawati Sutedjo Mendukung Disabilitas untuk Bekerja

Senin, 30 April 2018 09:58 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Waritsa Asri

Ratnawati Sutedjo
Ratnawati Sutedjo.
Foto : Reggy Prawoso

Share this








Dari sakit yang pernah diderita Ratnawati Sutedjo membawanya terlibat dalam wadah wirausaha yang mendukung penyandang disabilitas untuk dapat bekerja.

PURI - Dalam perjalanan hidup, Ratnawati Sutedjo tidak pernah menyangka akan terlibat dalam wadah wirausaha yang mendukung penyandang disabilitas untuk dapat bekerja. Berawal dari sakit yang sempat dideritanya pada

 

2001 selama kurang lebih dua bulan, membuatnya tidak bisa melakukan apapun. Semua kejadian itu membuat dirinya berpikir dengan keadaan penyandang disabilitas.

“Saya itu kena sakit hepatitis A yang sebenarnya sudah sembuh kata dokter. Tapi, selama dua bulan saya diminta untuk tidak berkegiatan apapun. Saya jadi terpikirkan bagaimana dengan teman-teman yang disabilitas. Maka, setelah sembuh, saya pun berniat untuk berteman dengan penyandang disabilitas,” ungkapnya kepada Infonitas.com.

Wanita kelahiran Semarang itu pun langsung membuka jejaring pertemanan. Di situ Ranawati mendapati kenyataan bahwa banyak penyandang disabilitas memiliki kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan. Beberapa yang ditemuinya seperti adanya penolakan karena kekurangan yang dimiliki penyandang disabilitas hingga minimnya kesempatan.

Kini, Ratnawati yang sudah berkecimpung selama 14 tahun dalam usaha untuk penyandang disabilitas ini pun secara yakin mampu mengungkapkan bahwa Precious One mengurangi pengangguran dengan sisi yang berbeda. Menurutnya, hasil kriya dari penyandang disabilitas kerap diremehkan karena kualitas yang kurang.

”Selama ini dari nol sampai tahun ke tahun pun saya selalu meningkatkan kualitas produk hingga mampu hadir di pameran-pameran mall besar yang notabene-nya memiliki syarat ketat karena berhubungan dengan citra mall sebagai penyelenggara,” ujarnya.