Puri > Pendidikan

Ingin Menjadi Penata Rias? Intip Kelas Makeover Makeup Academy

Jumat, 09 Februari 2018 15:28 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Waritsa Asri

Suasana Kelas di Makeover Makeup Academy
Suasana Kelas di Makeover Makeup Academy
Foto : Reggy Prawoso

Share this








Anda warga Jakarta Barat tertarik berbisnis di dunia kecantikan terutama sebagai profesional makeup artist, boleh mencoba kelas di Makeover Makeup Academy

GROGOL PETAMBURAN – Seiring dengan perjalanan waktu, banyak jenis profesi lain yang bisa dijadikan sebagai sumber penghasilan Anda. Tidak hanya terbatas pada profesi dokter, pengacara, pilot hingga akuntan.

Dilihat dari minat masyarakat, kini industri kecantikan dan kreatif tengah digandrungi oleh seluruh kalangan tanpa batasan usia. Terutama saat beragam brand kecantikan berlomba-lomba mengeluarkan inovasi terbaru mereka yang dikemas dalam produk-produk unggulan terbaru sesuai dengan tren terkini.

Ditambah, era media sosial membuat masyarakat terbiasa untuk mengunggah foto terbaik disebarkan kepada followers mereka. Tentu ini menuntuk mereka tampil lebih sempurna dengan penggunaan makeup. Makeup kini sudah menjadi bagian hidup mayoritas wanita. Tak hanya produk makeup saja yang terus berekspansi dan berinovasi, namun ada fenomena baru yang kini mulai menarik perhatian.

Fenomena itu berhubungan dengan profesi makeup artist yang kini banyak diminati dan pendapatannya pun sangat menjanjikan. Profesi ini pun tengah naik daun. Pasalnya, kita membutuhkan penata rias di hampir setiap kesempatan seperti ke kantor, pesta hingga acara formal lainnya.

Hal tersebut menjadi faktor penting untuk mempertimbangkan kembali profesi makeup artist. Khusus bagi Anda warga Jakarta Barat, sudah tersedia sekolah makeup yang bisa membantu Anda yang tidak hanya sekeda mengetahui teknik dasar seputar makeup tapi juga hingga branding diri Anda sebagai profesional makeup artist.

Sekolah tersebut adalah Makeover Makeup Academy, yang berada di Jalan Tanjung Duren Utara 4 Nomor 455, Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Di sekolah ini, Anda tidak hanya dilatih sekedar teknik saja tapi juga hingga marketing dan networking.

Pendiri sekaligus pemilik Makeover Makeup Academy, Victoria Marlina mengungkapkan sekolah makeup  yang sudah berjalan kurang lebih empat tahun tepatnya di tahun 2014 ini, memiliki konsep yang berbeda dibanding lainnya,”Kami mempunyai konsep sekolah make up yang bisa membantu mereka yang memang berkeinginan menjadi profesional makeup artist, yang bisa diajarkan dari teknik, marketing, dan networking,” ungkapnya kepada Info Puri.

Bahkan, Victoria mengungkapkan hampir 90 persen lulusan dari Makeover Makeup Academy bisa langsung terjun berbisnis bahkan ada yang langsung membuka sekolah makeup sendiri.

“Karena make up artist bukan berarti harus punya tempat mereka gak punya tempat pun tidak masalah karena mereka bisa mempunyai bisnis secara mobile jadi yang penting portofolio mereka bagus dan marketing mereka bagus maka langusng bisa memulai bisnis mereka,” terangnya.

Kelas-Kelas Makeover Makeup Academy

Victoria mengungkapkan di Makeover Makeup Academy, terdiri dari dua kelas yaitu personal dan profesional. Awalnya, Ia akan bertanya kepada calon peserta didik tujuan dari mengambil kelas. Misal, calon peserta didik hanya ingin berdandan sendiri agar ke beberapa acara tidak perlu dipusingkan masalah makeup maka disarankan untuk mengambil kelas personal.

“Mereka yang mengambil personal beauty class itu akan mendapat empat kali pertemuan dengan materi yang lengkap serta detail tapi seputar diri sendiri, mulai dari muka, koreksi wajah, tapi bisa semua occasion, sampai hair styling itu diajarin secara detail, walaupun terbatas pada diri sendiri,” kata wanita yang menghabiskan waktu kurang lebih lima tahun untuk belajar profesional makeup artist di California, Amerika Serikat.

Sedangkan kelas profesional diajarkan lebih lengkap karena peserta didik akan memegang klien sehingga dipastikan harus bisa semua bentuk wajah seperti oval, bulat, atau persegi, termasuk semua koreksi muka. Untuk pertemuan, kelas profesional akan mendapat total 11 kali pertemuan dengan jadwal kelas weekday bisa seminggu tiga kali yang bisa selesai satu bulan, dan weekend yaitu seminggu sekali setiap Sabtu, atau sekitar tiga bulan waktu belajarnya,”Biasanya yang mengambil weekend itu pekerja kantoran atau mahasiswi yang jadwalnya padat,” tuturnya.

Untuk harga, kata Victoria, terbilang murah karena mendapat semua yang diinginkan dan dipastikan bisa terjun langsung ke lapangan. Kelas personal yaitu Rp 2.500.000 dengan dipinjamkan semua produk serta alat dan product knowledge. Contohnya, produk apa saja yang bagus dan wajib dibeli karena harga kosmetik terbilang tidak murah sehingga diharapkan tidak salah membeli agar tidak merugi.

Sedangkan untuk kelas profesional yaitu didapuk harga Rp 17.000.000 sudah termasuk produk kosmetik, alat satu set, oval brush hingga soft lense,”Kelas profesional tinggal datang tapi yang dibutuhkan itu mereka harus membawa model karena dari pertemuan pertama hingga terakhir semua harus bisa diaplikasikan. Kita gak sarankan model yang cakep-cakep bahkan kalau bisa yang ada koreksi wajah perlu dibawa misal yang matanya gede sebelah, alis turun sebelah, hingga rahang bergeser kita challenge ke mereka sehingga real klien bisa mereka kerjakan,” terangnya.

Kemudian, berbeda dengan tempat lain, Victoria menawarkan program intership untuk membantu para lulusan agar bisa berhubungan langsung ke klien dan bisa mendapat banyak networking karena akan bertemu banyak partner mulai dari fotografer, desainer kemudian klien-klien lainnya.

Saat kelulusan, setiap peserta akan mendapat sertifikat yang akan diberikan setelah ujian yang berbentuk photoshoot session,”Tapi, perlu kami tekankan bentuk kelulusan program bukan hanya sertifikat tapi apa saja yang didapat untuk bisa diarahkan agar bisa terjun ke lapangan. Karena, buat apa sertifikat dipajang dengan bingkai emas, tapi lulusan kami tidak bisa bekerja. Sehingga, kami pun memberikan materi marketing bisnis juga promosi,” kata Victoria.

Bahkan, Ia memastikan agar semua style dandan bisa dikuasai oleh para peserta karena klien memiliki selera yang berbeda-berbeda sehingga harus bisa dikerjakan oleh makeup artist. Sejauh ini, sudah ada sekitar 800 orang yang menjadi lulusan Makeover Makeup Academy dan tidak termasuk yang personal.

Ia juga menegaskan untuk menjalin hubungan dengan para lulusannya,”Saya mulai dari angkatan pertama selalu keep in touch, sehingga kalau mereka ada proyek dan butuh bantuan ke tim kami maka bisa langsung menghubungi begitupun sebaliknya, kami menekankan saling bantu baik senior maupun junior,” tutupnya.