Puri > Laporan Utama

Pilkada DKI 2017

TPS 18 di Palmerah Bernuansa Rumah Adat Betawi

Rabu, 19 April 2017 11:30 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Wahyu Muntinanto

TPS 18, Palmerah, Jakarta Barat.
TPS 18, Palmerah, Jakarta Barat.
Foto : Wahyu Muntinanto

Share this








Tercetusnya ide ornamen rumah adat betawi di TPS 18, berawal dari sekumpulan pemuda karang taruna.

PALMERAH – Rumah adat Betawi dan ondel-ondel menghiasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) 18 di Jalan Amal V RT 04/04 Palmerah, Jakarta Barat. Adanya ornamen adat Betawi yang terpasang menambah kesan unik di TPS tersebut.

Pantauan infonitas.com, TPS 18 berdiri di sebuah balai warga yang terletak didalam pemukiman padat penduduk di wilayah Palmerah, Jakarta Barat. Saat ingin melakukan pencoblosan warga harus melewati gang sempit yang hanya bisa di lewati satu kendaraan motor.

Sementara di dalam TPS, terlihat sejumlah petugas PPS mengenakan pakaian adat Betawi atau disebut Sadaria. Kemudian pada kotak bilik suara terdapat wajah kepala ondel-ondel dan pada latar belakang bilik suara terdapat gambar rumah adat betawi.

Ketua RT 04 Ade Syamsiah mengatakan, tercetusnya ide ornamen rumah adat betawi di TPS 18, berawal dari sekumpulan pemuda karang taruna. "Kami ada ide dari anak karang taruna remaja dan pada pilkada putaran pertama juga sudah pakai ornamen ini dan pada putaran kedua dipakai lagi," ujarnya di lokasi, Rabu (19/4/2017).

Ade menyebutkan adanya ornamen rumah adat, bertujuan untuk sekedar meramaikan TPS di ajang pemilihan kepala daerah. "Anggaran kebetulan dari warga, warga iuran dan satu kk tidak di beratkan dengan iuran atau seikhlasnya, untuk pembuatan panggung rumah adat betawi diperkirakan sekitar 1 jt," tuturnya.

Sedangkan ketua KPPS, Syaiful Anwar (45) menambahkan di TPS 18 merupakan gabungan dari tiga RT yakni RT 3,4 dan 5 di RW 4 Palmerah, Jakarta Barat. "Di TPS ini ada sebanyak 609 DPT," pungkasnya.