Rabu, 10 Januari 2018 17:50:00
Editor : Waritsa Asri | Reporter : M Nashrudin Albaany
Tahun Ini, Pemkot Jakbar Target Pembangunan Dua Kelurahan di Tambora
Wali Kota Jakarta Barat Anas Effendi. (ist)
Foto : istimewa
 

KEMBANGAN - Wali Kota Jakarta Barat, Anas Efendi meminta pengadaan lahan dan pembangunan gedung kantor Kelurahan Jembatan Lima dan Jembatan Besi di Kecamatan Tambora terealisasi tahun ini. 

"Dua gedung kantor kelurahan ini belum standar. Saya minta Camat Tambora bersama lurah Jembatan Besi dan Jembatan Lima bekerja maksimal, sehingga pengadaan lahan untuk kantor kelurahan itu bisa terealisasi tahun ini," kata Anas, Rabu (10/1/2018).

Menurut dia, pengadaan lahan dan pembangunan dua gedung kantor kelurahan tersebut telah dianggarkan dalam APBD DKI tahun 2018. Namun, dana yang dianggarkan untuk pembebasan lahan sesuai nilai apprasial atau bukan harga pasaran.

"Lahan baru yang dibutuhkan untuk pembangunan dua kantor kelurahan itu minimal seluas 2.000-3.000 meter persegi. Anggaran yang dialokasikan adalah harga apprasial, bukan pasar," jelasnya.

Setelah pengadaan lahan selesai, lanjut Anas, tahap berikutnya adalah perencanaan dan pembangunan. Ia mengaku telah meminta instansi terkait untuk membantu penyusunan perencanaan.

"Saya minta PMPTSP (Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ) dan Sudin Cipta Karya, Tata Ruang Pertanahan DKI dapat membantu penyusunan perencaan bisa selesai pada pertengahan tahun ini. Setelah itu digelar lelang pembangunan dua gedung kantor kelurahan dan bisa rampung akhir tahun 2018," paparnya. 

Sementara itu Lurah Jembatan Besi, Agus Mulyadi mengaku bahwa hingga kini pihaknya terus berupaya mencari lahan milik warga untuk pembangunan gedung kantor kelurahan baru. 

"Sebenarnya lahan sudah tersedia, namun pemilik masih bertahan meminta harga pasar. Kami juga masih mencari lahan lainnya yang bersedia dibebaskan dengan harga apprasial, bukan pasar," pungkasnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda