Puri > Laporan Utama

Sandiaga Resmikan PAL Adruch Tech System Duri Kosambi

Kamis, 24 Mei 2018 10:00 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Ade Indra Kusuma

Sandiaga Uno meresmikan Instalasi PAL Andrich Tech System
Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meresmikan Instalasi PAL Andrich Tech System di pusat instalasi pengelolaan lumpur tinja (IPLT) Duri Kosambi.
Foto : istimewa

Share this








Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga S Uno meresmikan Instalasi PAL Andrich Tech System di pusat instalasi pengelolaan lumpur tinja (IPLT) Duri Kosambi.

CENGKARENG - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga S Uno meresmikan Instalasi Pengelolaan Air Limbah (PAL) Andrich Tech System di pusat instalasi pengelolaan lumpur tinja (IPLT) Duri Kosambi, Jalan Outer Ring Road Lingkar Luar, Jakarta Barat, Rabu (23/5/2018) sore.

Sandi mengapresiasi teknologi ini mampu mengolah limbah menjadi air bersih dalam waktu singkat. Dengan teknologi ini mam mampu mengelola air limbah domestik atau rumah tangga menjadi air utilitas yang bisa dipergunakan masyarakat di wilayah Duri Kosambi.

Jika dibandingkan Instalasi Pengelolaan Air Limbah yang mengolah air limbah selama 7 hari, PAL Andrich Tech System hanya memerlukan waktu 30 menit.

"Bisa dibayangkan, ketika PD PAL mengolah air limbah domestik selama 7 hari, teknologi ini mampu mengelola limbah hanya 30 menit," ujarnya seperti dikutip dari barat.jakarta.go.id.

Selain itu, yang patut dibanggakan dari teknologi tepat guna ini adalah terciptanya lapangan kerja baru. Satu unit PAL Andrich Tech System dapat mempekerjakan sekitar 50 tenaga kerja. Rencananya, Pemprov DKI Jakarta akan memproduksi teknologi tepat guna ini sebanyak 200 unit.

"Kami akan kembangkan sebanyak 200 unit. Kalau itu terjadi, maka dapat menciptakan sekitar 10 ribu lapangan kerja baru," jelas Sandiaga.

Ia pun menginginkan segera teknologi pengolahan air limbah dipakai untuk mengolah limbah Kali Sunter. "Nanti bisa kami pakai untuk mengolah air Kali Item atau Sunter, itu dilakukan mengingat di dekatnya ada wisma atlet Asian Games," jelasnya.

Sementara itu Direktur PD PAL Jaya, Subekti, menyampaikan penggunaan teknologi ini pada pengolahan limbah tinja di zona 6.

"Tahun depan kita mulai konstruksi perpipaan pada zona 6, mulai dari Slipi, Grogol, hingga ke sini (Duri Kosambi). Limbah dari Slipi akan kumpul di sini. Teknologi ini bisa menggantikan peran IPTL Duri Kosambi dalam mengolah air limbah domestik," jelasnya.

Launching PAL Andrich Tech System diisi dengan penyerahan bingkisan kepada 60 warga Kosambi. Setelah itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno yang didampingi Wali Kota Jakarta Barat Anas Efendi meninjau teknologi pengolahan limbah domestik buatan Andri Chaerusa.