Puri > Laporan Utama

Sambut Hari Kemerdekaan, Museum Tekstil Gelar Pameran Merah Putih

Sabtu, 12 Agustus 2017 14:36 WIB
Editor : Dany Putra | Reporter : Yatti Febriningsih

Pameran Merah Putih di Museum Tekstil.
Pameran Merah Putih di Museum Tekstil.
Foto : Yatti Febriningsih

Share this








Acara ini juga menyesuaikan dengan Museum Tekstil yang memang identik dengan kain tradisional atau wastra dari seluruh Nusantara.

JAKARTA – Menyambut Hut ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Museum Teksil di Jalan Aipda Ks Tubun, Kota Bambu Selatan, Palmerah, Jakarta Barat menggelar pameran dengan tema merah putih.

"Jadi idenya itu dari bulan Maret. Kita befikir apa yang bisa kita lakukan menyambut hari kemerdekaan di bulan Agustus. Nah tercetuslah ide yuk kita bikin merah putih," ujar Litbang dari Wastra Indonesia, Lita Jonathans di lokasi, Sabtu (12/8/2017).

Lita menambahkan acara ini juga menyesuaikan dengan museum yang memang identik dengan kain tradisional atau wastra dari seluruh Nusantara.


"Karena  itu diselenggarakannya di Museum Tekstil. Jadi kita sesuaikan. Yang terlibat kurang lebih 150 an orang. Mereka dari parktisi. Sedangkan karya yang dipamerkan hampir 300 an," lanjutnya.

Lebih lanjut, Lita mengatakan para pengunjung tidak hanya bisa menikmati karya-karya yang dipamerkan di museum tersebut. Pengunjung bisa juga membeli kain yang dipamerkan.

"Bisa dijual. Tergantung dari para pembuatnya.  Mereka mau di jual atau tidak. Tapi kebanyakan di jual.  Tapi, karena ini di museum, tidak boleh ada transaksi. Jadi mereka boleh hold dulu, nanti transaksi setelah acara ini selesai," imbuhnya.

Acara ini diselenggarakan mulai hari ini sampai tanggal 26 Agustus mendatang. Musem ini akan beroperasi mulai pukul 09.00 - 15.00 WIB.