Minggu, 06 Mei 2018 15:54:00
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Adi Wijaya
Ribuan Umat Budha Sambut Tri Suci Waisak 2562 BE di Kota Tua
Ribuan umat Budha yang hadir di Kota Tua dalam menyambut hari raya Tri Suci Waisak 2562 BE.
Foto : Adi Wijaya
 

TAMANSARI - Ribuan umat Budha membanjiri kawasan Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat. Lokasi itu, menjadi titik utama kegiatan menyambut hari raya Tri Suci Waisak 2562 BE atau jatuh pada Selasa, (29/5/2018) mendatang.

Ketua Panitia Kegiatan Gema Waisak 2018 Michael Satya mengatakan, acara yang berlangsung sejak Sabtu (6/5/2018) diisi dengan sejumlah kegiatan sosial, mulai dari donor darah, pertunjukan kesenian, potong rambut, panggung gembira, bakti sosial, fangsen, hingga pengobatan gratis.

Diusung dengan tema Berucap, Bertindak, dan Berpikir Baik, memperkokoh keutuhan bangsa.

"Kegiatan ini sebagai penyambutan hari raya Tri Suci Waisak 2562 BE. Digelar sejak kemarin hingga hari ini," kata Michael, saat ditemui di kawasan Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat, (6/5/2018) .

Dijelaskannya, sebanyak 1.500 pohon ditanam di RPTRA Kali Jodoh, dan sepanjang Jalan Tubagus Angke. Disusul penanaman tanaman mangrove di kawasan ekomarin Muara Angke.

Tak ketinggalan, pemberian santunan kepada 600 anak yatim dan orang tua jompo di kampung Nelayan Muara Angke, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Tema yang kami usung dibuat bukan tanpa alasan. Kami berharap masyarakat bisa menjaga keutuhan bangsa. Dengan menunjukan etika yang baik. Seperti berucap dengan sopan, melakukan tindakan baik, dan selalu berpikir positif," jelasnya.

Tak hanya itu, puluhan bikshu melaksanakan tradisi Pindapatta atau menerima dana makanan dari umat. Tradisi itu dilakukan dengan cara berjalan kaki sepanjang Jalan Hayam Wuruk dan Gajah Mada. 

"Dana yang terkumpul nanti akan disumbangkan ke panti asuhan dan warga yang membutuhkan," tutupnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda