Puri > Laporan Utama

Pintu Marvel Comics Selalu Terbuka Bagi Orang yang Percaya Diri

Sabtu, 13 Januari 2018 11:48 WIB
Editor : Ari Astriawan | Reporter : Ronald P. Gerson

Marvel Creative Day Out 2018
Editor in Chief Marvel Comics C.B Cebulski bersama para komikus Indonesia yang berkarier di Marvel Comics.
Foto : Ronald P. Gerson

Share this








Peluang komikus Indonesia berkarier di Marvel Comics terbuka lebar. Syaratnya percaya diri dan bisa bersaing.

KEBON JERUK - Bekerja di perusahaan besar internasional menjadi impian banyak orang. Hal tersebut diamini oleh C.B Cebulski, Editor In Chief Marvel Comics saat berkunjung ke Indonesia untuk berbagi ilmu dalam acara Marvel Creative Day Out 2018 di Kampus Anggrek, Binus University (12/1/2018).

Kata Cebulski, peluang berkarier di Marvel sebenarnya sangat terbuka lebar jika komikus Indonesia memiliki kepercayaan diri untuk bisa bersaing dengan komikus-komikus luar negeri.

"Satu-satunya hal yang ingin saya ingatkan kepada kalian, dengan menggunakan mereka-mereka ini sebagai contohnya, adalah bahwa Marvel selalu membukakan pintu. Mereka ini adalah orang-orang yang melangkahkan kaki mereka untuk masuk ke dalam pintu tersebut dan mereka bisa mencapai kesuksesan setelah melewati pintu tersebut. Mereka punya kepercayaan diri terhadap kemampuan mereka sendiri dan bisa terus berkarya," ujar Cebulski.

Empat anak muda Indonesia yang sudah bergabung di Marvel Comics menjadi bukti bahwa Indonesia punya potensi bersaing di pasar global. Karya-karya mereka saat ini sering kali ditemui dalam komik-komik Marvel.  Mulai Wolverine, Gweenpool, The Amazing Spider-Man, bahkan Star Wars. " Percaya dan langkahkan kaki untuk masuk ke pintu itu, tutup pintunya, dan tinggalkan semua keraguan kalian di belakang. Itu kuncinya,” pesan Cebulski.

Cebulski sendiri dalam presentasinya menjelaskan bagaimana sistem bekerja di Marvel Comics. Ia bahkan membawa beberapa gambar sketsa pertama Stan Lee untuk komik-komik superhero Marvel yang kini sudah dikenal dunia.