Puri > Laporan Utama

Pemkot Jakarta Barat Resmikan Bank Sampah Unit Wijayakusuma

Jumat, 20 Oktober 2017 17:12 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Ronald P. Gerson

Ilustrasi Bank Sampah
Ilustrasi Bank Sampah
Foto : istimewa

Share this








Pemkot Jakarta Barat meresmikan Bank Sampah Unit (BKU) Wijayakusuma, sebagai bank sampah yang ke-147. Peresmian langsung oleh Wali Kota Jakarta Barat.

PURI - Bank Sampah Unit (BSU) Wijayakusuma yang ada di lingkungan gedung Walikota Kota Jakarta Barat diresmikan oleh Wali Kota Jakarta Barat, Anas Effendi. Dalam sambutannya, Anas mengatakan nantinya di kantor Walikota Jakarta Barat tidak ada lagi sampah karena semua sudah dipilah dan dibawa ke bank sampah.  

"Saya minta kepada seluruh kepala unit, sampah dipilah terlebih dahulu untuk selanjutnya dibawa ke BSU Wijayakusuma," katanya, Jumat (20/10/2017).

BSU Wijayakusuma sendiri, merupakan bank sampah yang ke 147  di seluruh wilayah Jakarta Barat dan dibuka untuk umum.  Anas pun optimis semakin banyak bank sampah di Jakarta Barat akan mengurangi pembuangan sampah ke TPA Bantargebang. "Saya juga meminta tempat umum seperti mal menyediakan tempat pemilah sampah," harapnya.

Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat, juga diminta untuk menganggarkan pengadaan tempat pemilah sampah, sehingga nantinya warga bisa membuang limbah sesuai jenisnya. Kepada camat, lurah, RW dan RT, Anas menginstruksikan untuk mulai mensosialisasikan kepada warga agar melakukan pemilihan sampah dari rumah masing masing. "Kalau pemilahan sudah dilakukan dari tingkat paling rendah, maka sampah di TPA Bantargebang akan berkurang drastis," tandasnya