Puri > Laporan Utama

Ini Bahaya Kecanduan Internet

Kamis, 14 September 2017 13:39 WIB
Editor : Waritsa Asri | Sumber : Dbs

ilustrasi internet
ilustrasi internet
Foto : istimewa

Share this








Penelitian The American Journal of Drug and Alcohol Abuse mengungkapkan bahaya kecanduan internet yaitu depresi, cemas, hingga penggunaan narkoba.

PURI – Kecanduan internet mampu menyebabkan seseorang rela menghabiskan banyak waktu di depan komputer, sehingga memengaruhi kesehatan, pekerjaan, keuangan, dan hubungan pribadinya.

Penelitian The American Journal of Drug and Alcohol Abuse menemukan 8,2 persen warga Amerika, menderita akibat kecanduan internet. Penelitian lain menyebut 18 persen anak usia sekolah, mengalami kecanduan internet.

Orang yang mengalami kecanduan internet, akan membatasi kehidupan sosialnya, karena tidak memiliki waktu untuk bergaul dan sulit menjaga hubungan dengan teman sebayanya. Orang yang memiliki ketergantungan terhadap alkohol, obat-obatan, seks, dan judi, memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami kecanduan internet.

Beberapa gangguan kesehatan yang dapat terjadi akibat kecanduan internet, adalah depresi, cemas, masalah kontrol impuls, nyeri kronis, dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Sementara gejala kecanduan internet yang patut diwaspadai adalah penurunan prestasi sekolah atau bekerja, tidak tertarik lagi dengan hobi yang biasa dijalani, merasa cemas saat berjauhan dengan komputer atau tidak ada koneksi internet, dan marah saat seseorang berkomentar tentang perilakunya tersebut.