Sabtu, 13 Januari 2018 11:42:00
Editor : Ari Astriawan | Reporter : Ronald P. Gerson
Ini 4 Anak Muda Indonesia Yang Berkarier di Marvel Comics
Anak muda Indonesia yang sukses berkarier di Marvel Comics
Foto : Ronald P. Gerson
 

KEBON JERUK – Saat ini, ada 4 anak muda Indonesia yang sukses berkarier di Marvel Comics. Karya mereka dinikmati penggemar Marvel di berbagai belahan dunia. Mereka adalah Sunny Gho, Ario Anindito, Miralti Firmansyah, dan Yasmine Putri.

Sunny Gho, merupakan ilustrator Indonesia yang pertama kali berkarier di Marvel Comics. Sunny sendiri mulai bergabung dengan Marvel pada 2009, "Saya gabung Marvel 2009. Ketika itu ditawari mewarnai buku kecil delapan halaman. Senang banget karena waktu itu belum ada orang Indonesia yang kerja di Marvel. Jadi tahun itu saya rasa I was one of the firstyang bisa kerja di sana," ujarnya disela acara Marvel Creative Day Out di Binus University, Jakarta Barat (12/1/2018).

Lalu ada Ario Anindito yang bergabung dengan Marvel pada 2014 lalu. Proyek pertama alumnus Universitas Katolik Parahyangan ini adalah serial Wolverine. Sebagai penciller dan inker, Ario pernah bertanggung jawab atas ilustrasi Venom: Space Knight dan Agent of Shield. Saat dipilih oleh Marvel, ia menyebut impian masa kecilnya terwujud. "Kalau saya senang, terharu, bangga, dan bahagia. Karena itu impian sejak kecil," kata Ario singkat. 

Adalagi 2 orang wanita yang bergabung dengan Marvel Comics, mereka adalah Miralti Firmansyah dan Yasmine Putri. Kedua wanita tersebut, bergabung dengan Marvel Comics dengan ikut portofolio review  untuk merekrut para komikus atau ilustrator. "Setelah itu portofolio review pas hari H-nya. Kalau yang lolos, dipanggil dan kebetulan saya dipanggil. Terus ada satu seleksi lagi, lalu saya di-call via email. Terus abis itu ya udah jalan, Prosesnya cepat," kata Yasmin.

Yasmin sendiri pernah terlibat mengerjakan proyek-proyek di antaranya, Invicible Iron Man, The Amazing Spiderman, Spider Gwen, dan Spider Women. Sedangkan Miralti sendiri, terpilih melalui portofolio review di salah satu lokal comic con. "Saya masuk Marvel juga lewat portofolio review di salah satu lokal comic con. Begitus urprise dan bahagia saat saya terima email dari Marvel. I was like, really? He-he-he. That was my dream," ujar Miralti. Miralti sendiri, dipercaya Marvel menggarap proyek Star Lord dan Kitty Pride serta The New X-Men '92.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda