Puri > Laporan Utama

Siaga Banjir Di Jakarta Barat

Genangan di Meruya Utara yang Terparah

Selasa, 14 November 2017 15:02 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Ronald P. Gerson

Ilustrasi Rumah Kebanjiran - Waritsa
Ilustrasi Rumah Kebanjiran - Waritsa
Foto : istimewa

Share this








Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Jupan Royter mengungkapkan wilayah Kelurahan Meruya Utara mengalami genangan yang terparah

PURI - Sejumlah wilayah di Jakarta Barat yang mengalami banjir pada Senin (13/11/2017) kemarin, akan tetapi wilayah Kelurahan Meruya Utara mengalami genangan air yang terparah. Genangan air di wilayah tersebut, mencapai 20 hingga 40 centimeter. "Air masuk di kawasan itu mulai pukul 15.20 WIB dan ketinggian air mencapai 20 hingga 40 sentimeter," ujar Jupan Royter, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta.

Wilayah lain yang terdapat genangan air, diantaranya Kecamatan Kembangan yang tergenang air adalah wilayah Kelurahan Kembangan Selatan dengan ketinggian air antara 10 hingga 30 sentimeter dan Kembangan Raya dengan ketinggian air antara 10 hingga 15 sentimeter. "Genangan air juga terjadi di Kecamatan Kebon Jeruk yaitu di Kelurahan Duri Kepa dengan ketinggian air 10 hingga 20 sentimeter," tuturnya.

Kelurahan Tanjung Duren Utara di Kecamatan Grogol Petamburan, juga terdapat genangan air dengan ketinggian 10 hingga 20 sentimeter. Selain karena curah hujan yang tinggi, genangan jug terjadi karena penyempitan saluran air di beberapa lokasi. Ia mengatakan untuk mengatasi genangan tersebut, dilakukan penyedotan air menggunakan pompa trailer. "Dinas Sumber Daya Air melakukan penyedotan menggunakan Pompa Trailer, SDA dan PPSU juga melalukan pembersihan saluran air," ungkapnya.

Mengingat musim penghujan yang masih akan berlangsung, Jupan mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada. "Karena intesitas hujan yang tinggi, dan berpotensi menyebabkan genangan dan banjir. Saya harap waraga selalu tetap waspada," katanya.