Selasa, 03 Juli 2018 10:37:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Ichwan Hasanudin
Gebyar Kampung Betawi Kota Bambu Siap Digelar
Camat Palmerah Zeri Ronazy melakukan rapat koordinasi persiapan Gebyar Kampung Betawi Kota Bambu.
Foto : istimewa
 

PALMERAH – Kecamatan Palmerah berencana akan menggelar Gebyar Kampung Betawi Kota Bambu (Kobam) yang akan menampilkan kearifan lokal budaya Betawi. Persiapan gelaran acara itu dipimpin langsung oleh Camat Palmerah Zeri Ronazy dengan melakukan rapat koordinasi di ruang rapat Camat Palmerah, Senin (2/7/2018).

Rapat persiapan itu juga dihadiri Lurah Kota Bambu Utara Ariyani, Lurah Kota Bambu Selatan Muhadi, Ketua RT 002 RW 05 Kota Bambu Utara Mulyono dan penggiat kesenian budaya Betawi Kota Bambu Neneng, serta tokoh masyarakat Kota Bambu.

Zeri mengatakan acara yang akan digelar ini bertujuan untuk tetap mempertahankan budaya lokal dan mengembangkan potensi anak muda dalam bidang seni Gambang Kromong dan Lenong Betawi yang sudah menjadi warisan asli budata Indonesia.

Gebyar Kampung Betawi Kota Bambu (Kobam) adalah sebuah acara yang akan menampilkan kearifan lokal budaya Betawi yang masih terawat dan terus dipertahankan hingga kini di dua kelurahan di Kecamatan Palmerah yakni Kelurahan Kota Bambu Utara dan Kelurahan Kota Bambu Selatan.

Kota Mambu sebelum dimekarkan menjadi dua wilayah kelurahan merupakan kelurahan yang berada di wilayah Kota Administrasi Jakarta Barat. Salah satu tokoh Betawi yang ada di Kota Bambu adalah Almarhum H. Nawang.

Beliau berupaya mempertahankan salah satu budaya Betawi yaitu Seni Budaya Gambang Kromong dan Lenong Betawi.Kini sanggar seni budaya  Betawi rintisannya diteruskan oleh putra-putrinya.

"Saya selaku Camat Palmerah sangat mendukung sekali akan kesenian budaya Betawi yang dirintis Almarhum Haji Nawang ini menjadi sebuah warisan budaya Betawi bagi generasi muda millenial untuk terus melestarikannya," tutup Camat Palmerah.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda