Puri > Laporan Utama

Dua Mal di Jakarta Barat Tak Sanggup Atasi Parkir Liar

Selasa, 07 Agustus 2018 13:18 WIB
Editor : Wahyu AH | Reporter : Adi Wijaya

Parkir liar
Parkir liar
Foto : Adi Wijaya

Share this








Tarif parkir di dalam mal jauh lebih mahal ketimbang di luar atau parkir liar di sisi jalan.

KEMBANGAN – Keterbatasan lahan parkir kendaraan di pusat perbelanjaan memicu munculnya parkir liar. Akibatnya, ruas jalan di sekitar lokasi tampak semerawut hingga menyebabkan kemacetan. Seperti di kawasan Hypermart, Kembangan, Jakarta Barat.

Lahan parkir sepeda motor yang tersedia di Lippo Mal Puri sangat terbatas. Alhasil, pengendara memarkirkan kendaraannya di sisi jalan.

Begitu pun di Mall Season City, parkir progresif berdampak timbulnya parkir kendaraan di sisi barat mal, tepatnya di Jalan Inspeksi Banjir Kanal Barat (BKB). Akibatnya, kemacetan pun kerap terjadi karena ruas jalan menyempit. 

Pengendara sepeda motor, Sarifudin (34) menerangkan, Lippo Mall Puri tak menyediakan lahan parkir bagi sepeda motor. Parkir dialihkan ke Hypermart yang lokasinya tak jauh dari mall tersebut.

"Di sana (Lippo Mall Puri) enggak ada parkir sepeda motor. Semua dialihkan ke Hypermart," tandas Sarifudin, saat ditemui di kawasan Hypermart, Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (7/8/2018).

Meski begitu, pemilik sepeda motor masih enggan memarkirkan kendaraan di lahan parkir Hypermart. Sebab, parkir menggunakan sistem progresif.

"Itu lah sebabnya kami memilih parkir sepeda motor di lahan parkir liar. Biayanya hanya Rp 4 ribu (flat)," ungkapnya.

Di lokasi berbeda, pengendara sepeda motor lainnya, Rima Kosasih (28) menerangkan, parkir liar di sisi Barat Mall Season City mempermudah para pemilik kendaraan dibandingkan di dalam mal. Selain biaya parkir dikenakan progresif, lokasi parkir dianggap jauh untuk menjangkau mall.

"Kalau parkir di luar mal cuma Rp 5 ribu. Dekat kemana-mana. Kalau di dalam mal mahal dan jauh," tutupnya.

 

Berita Terkait