Puri > Laporan Utama

Buang Sampah Sembarangan, Siap-Siap Terkena Denda Rp 500 Ribu

Jumat, 12 Januari 2018 14:59 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : M Nashrudin Albaany

Ilustrasi Buang Sampah Sembarangan
Ilustrasi Buang Sampah Sembarangan
Foto : istimewa

Share this








Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Edy Mulyanto mengungkapkan warga Jakarta Barat yang membuang sampah sembarangan, akan terkena denda Rp 500 ribu

KEMBANGAN - Bagi Anda warga Jakarta Barat, sebaliknya kini lebih tertib saat membuang sampah, yakni pada tempatnya. Sebab, jika ketahuan buang sampah sembarangan, maka anda harus bersiap membayar denda.

"Kalau sampai ada masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan terjaring operasi tangkap tangan (OTT), maka akan kita kenakan denda Rp 500 ribu. Itu adalah tindakan tegas dari kami," ujar Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Edy Mulyanto, Jumat (12/1/2018).

Ia mengungkapkan, hingga akhir Desember 2017 lalu, petugas OTT Sudin LH Jakarta Barat telah berhasil menangkap sebanyak 119 orang. Dari jumlah tersebut, beberapa warga dikenai sanksi denda antara Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu.

"Untuk memberikan efek jera kepada masyarakat, operasi tangkap tangan ini akan kami lanjutkan lagi. Petugas nanti akan menyasar ke beberapa pusat keramaian, seperti kawasan CNI, Kalijodo dan Kota Tua," tegasnya.

Edy menjelaskan, ada beberapa kriteria sanksi yang bakal dikenakan bagi masyarakat yang kedapatan membuang sampah sembarangan. Untuk warga usia dewasa di lakukan denda. Sementara usia anak-anak akan diberikan sanksi sosial. 

"Kalau untuk pengusaha apabila tertangkap OTT buang sampah sembarangan, akan di kenakan sangsi denda sebesar Rp 5 juta. Tindakan ini mengacu pada Perda 3 tahun 2013, dimana bagi warga yang membuang sampah sembarangan tempat bakal di tindak tegas," tuntasnya.