Selasa, 27 Februari 2018 09:31:00
Editor : Waritsa Asri | Reporter : M Nashrudin Albaany
Bridal Shower, Ajang Pesta Lepas Lajang Bagi Calon Pengantin
Usaha Bridal Shower Kini Semakin Diminati
Foto : Reggy Prawoso
 

PURI - Bridal shower atau pesta yang digelar khusus untuk merayakan calon pengantin wanita sebelum melangsungkan pernikahan, umumnya sudah ada sejak dulu. Pesta ini biasanya hanya dihadiri oleh teman wanita saja, tetapi belakangan ini teman pria banyak juga yang hadir untuk melepas calon pengantin wanita sebelum menjadi istri orang.

Kepopuleran trend Bridal Shower di Jakarta sendiri dimulai sejak 2011 dan makin booming pada 2015 hingga sekarang. Kini, banyak orang yang melakukannya untuk sekedar memberi selamat kepada sang calon pengantin, menghabiskan waktu bersama sahabat sebelum sang pengantin sibuk dengan rumah tangganya, bahkan ada yang hanya ingin sekedar eksis di media sosial. Meskipun sifatnya tidak wajib, nyatanya bridal shower sudah menjadi hal yang lumrah dilakukan wanita, khususnya kalangan millennial yang ditinggal di kota besar seperti Jakarta. 

Caecilia selaku owner dari jasa penyelenggara pesta, Little Party Planner mengatakan bahwa bridal shower lebih banyak diminati calon pengantin wanita berusia 24 hingga 30 tahun. Acaranya sendiri umumnya bertujuan untuk mengakrabkan diri dengan teman-teman dekat calon pengantin wanita sebelum pernikahan.

"Kalau di Jakarta, bridal shower umumnya dihadiri oleh teman terdekat untuk memberikan kejutan kepada calon pengantin sebelum dia menjadi istri orang. Disini, biasanya mereka berkumpul untuk ngerjain si calon pengantin ini. Misalnya dengan memberikan selempang atau tag nama lucu, hingga mengarak calon pengantin ke tempat umum. Acaranya juga diisi dengan sesi curhat, games dan foto-foto agar lebih menarik," kata dia kepada Info Puri beberapa waktu lalu.

Bridal shower sendiri hanya dihadiri oleh teman terdekat dan kalangan terbatas. Bridal shower pada umumnya juga diadakan di tempat yang jauh dari hingar bingar agar suasana lebih akrab dan intim. Biasanya, acara ini digelar sambil menikmati hidangan yang disajikan pada saat makan siang, afternoon tea, atau makan malam.

"Nah setelah makan, biasanya calon pengantin dan teman terdekatnya ini akan berfoto-foto untuk mengenang momen spesial tersebut. Tapi, sebenarnya tidak ada ketentuan kegiatan apa saja yang harus dilakukan saat bridal shower. Intinya, acara ini mengutamakan nuansa hangat, akrab dan dihias dengan dekorasi tertentu sesuai tema yang diinginkan," jelas wanita yang akrab disapa Ceacil ini.

Tema Bridal Shower Sangat Penting

Menggelar pesta termasuk acara bridal shower tentunya diperlukan rencana dan persiapan yang matang. Acara yang dikhususkan untuk calon mempelai wanita ini diselenggarakan sebelum sang wanita menikah dan berstatus sebagai seorang istri.

Menurut penyelenggara jasa pesta Caecilia dari Little Party Planner mengatakan bahwa acara bridal shower sejatinya sama seperti acara-acara pesta lainnya, dimana sang pengantin wanita diberi hadiah dan didoakan agar kehidupan pernikahannya selalu bahagia. Namun, sebelum memulai bridal shower yang harus diperhatikan adalah menentukan tema. Jika tema sudah ditentukan, maka persiapan yang lainnya bisa lebih mudah dilakukan.

Ia mengaku, tema bridal shower biasanya disesuaikan dengan kegemaran sang calon pengantin. Tetapi jika Anda bingung memilih tema yang sesuai, cara mudah untuk menentukannya adalah berdasarkan karakter calon pengantin wanita. 

"Menentukan tema biasanya tergantung dari karakter calon pengantinnya ya. Kalau dia orangnya feminin, mungkin bisa pakai warna-warna pastel dengan sentuhan pita. Atau kalau dia sukanya glamor, nuansa warna emas dan merah mungkin bisa menjadi paduan yang cocok," ungkapnya.

Menurut dia, tema sangat membantu dalam menentukan properti dan dekorasi yang sesuai dengan perayaan bridal shower. Karena jika tema yang ditentukan hanya sekadarnya dan asal-asalan, dikhawatirkan pesta tersebut akan kacau. 

"Banyak orang yang ikut andil dalam menentukan tema, mau ini dan itu nanti malah nggak dapet temanya. Saran saya tentukan dulu satu tema, baru setelah itu bisa diuraikan kebutuhannya, termasuk dari dekorasinya, menu makanan, sampai dress code," ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Andini (26), salah seorang wanita yang juga mengadakan bridal shower sesaat sebelum pernikahannya. Ia mengatakan pemilihan tema sangat berperan penting dalam kelangsungan sebuah pesta. Tetapi ia mempercayakan seluruh persiapan pesta kepada sahabat-sahabatan sehingga pesta kejutan itu lebih terasa.

"Waktu itu tema bridal showerku Mixology Party, itu semua teman-temanku yang buat. Diadain di kafe pada malam hari dengan suasana sepi dan bernuansa gelap. Kata mereka aku orangnya 'gelap' karena karakterku yang sulit ditebak jadi cocok dengan temanya," pungkas Dini.

Dituntut Untuk Selalu Kreatif

Dalam menggeluti bisnis bridal shower, kreativitas menjadi hal utama yang harus dimiliki. Pasalnya, kita dituntut untuk selalu menghadirkan ide, konsep dan tema yang baru bagi setiap klien. Karena disetiap konsep dekorasi yang dihadirkan tidak mungkin sama antara satu dengan yang lainnya. Hal ini yang disadari oleh Caecilia selaku penyelenggara jasa pesta dari Little Party Planner.

Bisnis bridal shower yang digelutinya bersama dengan temannya Shelvy, mulai dirintis sejak Agustus 2017. Awalnya, mereka berdua cukup mengalami kesulitan lantaran dituntut harus mampu menghadirkan ciri khas yang berbeda dengan vendor bridal shower yang lain. Namun, seiring berjalannya waktu, dengan mengutamakan pelayanan maksimal, akhirnya kita kini mereka memetik hasilnya.

"Selain kreatif, kita juga dituntut untuk selalu melakukan promosi. Awalnya kami hanya promosi dengan cara memperkenalkan kepada teman terdekat, dan dari mulut ke mulut. Tapi saat ini promosi juga kami lakukan melalui media sosial seperti Instagram," akunya.

Shelvy menambahkan, promosi melalui media sosial seperti Instagram dinilai sangat berpengaruh, seperti dengan melakukan endorse agar bisa mendapatkan klien baru. Sebab, generasi millenial seperti sekarang ini lebih banyak menggunakan Instagram untuk melihat foto-foto hasil bridal shower.

"Jadi kami berdua turun langsung untuk mengelola usaha ini. Mulai dari desain hingga dekorasi kami lakukan berdua. Dan setiap kali selesai mendekorasi, kita harus mereview. Hari ini kita kurangnya dimana sehingga kedepan bisa lebih baik lagi," tutupnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda