Puri > Laporan Utama

Beredar Narkoba Jenis Pentylone, Apa Bahayanya?

Rabu, 14 Maret 2018 16:16 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Ichwan Hasanudin

Polres Metro Jakarta Barat menangkap pengedar narkoba jenis Pentylone.
Narkoba jenis Pentylone.
Foto : istimewa

Share this








Polres Metro Jakarta Barat menangkap pengedar narkoba jenis Pentylone. Lantas apa efek dan bahaya jika mengonsumsi narkoba jenis ini?

GROGOL PETAMBURAN - Polres metro Jakarta Barat menangkap pengedar narkoba jenis baru namanya Pentylone. Dengan bentuk kapsul. Narkoba ini bisa langsung diminum atau dilarutkan dengan menggunakan air. Lantas, apa efek dan bahaya dari narkoba jenis Pentylone ini?

Dalam press release akhir tahun 2017 Badan Narkotika Nasional (BNN),  laboratorium BNN telah mengindentifikasi 61 zat NPS dan Pusat Laboratorium Forensik Polri telah mengidentifikasi 7 zat NPS yang saat ini beredar luas di Indonesia.

Dari 68 zat NPS tersebut, 60 zat di antaranya telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 41 Tahun 2017 tentang Perubahan Penggolongan Narkotika. Pentylone termasuk dalam 60 zat yang tergolong dalam narkotika itu.

BNN memberi keterangan narkoba jenis Pentylone itu memiliki efek stimulan, halusinogen, insomnia, dan sympathomimetic.

Hal itu juga dikatakan Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi kepada wartawan di Mapolres Metro Jakarta Barat, Jalan Letjen S Parman, Jakarta Barat, Rabu (14/3/2018).

“Ini mengakibatkan adanya stimulan, kemudian halusinasi, euforia berlebihan dan insomnia," ucap Kombes Hengki Haryadi.

Hasil penangkapan terhadap empat tersangka YD, NV, RND, dan TMZ, satu pil Pentylone dijual dengan harga Rp 500 ribu dan diedarkan di tempat-tempat hiburan malam.