Puri > Laporan Utama

16 RS di Jakarta Barat Sudah Jalin Kerjasama dengan BPJS Kesehatan

Rabu, 11 Oktober 2017 09:38 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : Ronald P. Gerson

Ilustrasi Kartu BPJS Kesehatan
Ilustrasi Kartu BPJS Kesehatan
Foto : istimewa

Share this








Kepala BPJS Kesehatan Jakarta Barat, Eddy Sulistijanto Hadi mengungkapkan setidaknya sudah ada 16 RS yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

PURI – Masih ditemui beberapa rumah sakit yang belum bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Hal tersebut membuat penanganan pasien BPJS menjadi tidak maksimal. Salah satunya rumah sakit di wilayah Jakarta Barat. Berdasarkan data BPJS Kesehatan Cabang Jakarta Barat, setidaknya ada sekitar 23 rumah sakit dari total 16 rumah sakit yang menjalin kerjasama.

Sisanya masih ada empat rumah sakit yang sedang dalam proses kerjasama, dan tiga lainnya belum kerjasama karena karena belum memenuhi prosedur kesehatan dan juga belum dilengkapi fasilitas dan sarana.  "Kami sudah menjalin kerjasama dengan empat rumah sakit, tapi masih kurang dokter dan sarana dan prasarananya," jelas Eddy Sulistijanto Hadi, Kepala BPJS Kesehatan Jakarta Barat.

Kepala BPJS Jakarta Barat Eddy Sulistijanto mengatakan, acuan tentang tercovernya rumah sakit untuk BPJS telah tertuang dalam Permenkes No 56/2012 tentang Sistem Rujukan Pelayanan Kesehatan. Dalam hal ini, RS yang memiliki layanan BPJS wajib mengikuti prosedur, salah satunya adanya SDM dan Sarana