Puri > Kuliner

Waduh! Baru Ada 7 Pasar di Jakarta Barat yang Punya Bank Sampah Unit

Rabu, 08 November 2017 16:46 WIB
Editor : Melati Amaya DS | Reporter : Nasarudin Albaany

Suasana warga saat setor sampah ke salah satu bank sampah Jakbar
Suasana warga saat setor sampah ke salah satu bank sampah Jakbar.
Foto : Nasarudin Albaany

Share this








Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Edy Mulyanto terangkan, dari 26 pasar tradisional baru ada 7 yang sudah memiliki bank sampah unit (BSU).

PURI-Oleh karena itu, Edy mengaku gencar melakukan sosialisasi ke beberapa pasar tradisional, agar bisa memiliki BSU. Ia menargetkan, seluruh pasar tradisional di Jakbar bisa memiliki BSU, hingga akhir 2017 ini.

"Kami akan terus menambah bank sampah unit. Kami menargetkan hingga akhir 2017, seluruh pasar di Jakarta Barat sudah tersedia fasilitas bank sampah unit," kata dia, Rabu (8/11/2017)

Selain menambah fasilitas BSU, lanjut Edy, pihaknya juga akan mengencangkan sosialisasi pemilihan sampah organik, non organik dan sampah B-3 kepada para pedagang dan warga. 

"Selain pedagang, warga yang tinggal di pemukiman padat juga masih belum melakukan pemilahan sampah dari rumah mereka," ungkapnya.

Menurut dia, saat ini di wilayah Jakarta Barat telah memiliki sebanyak 157 BSU dan satu Bank Sampah Induk (BSI). Tercatat omset BSI Jakarta Barat hingga kini telah mencapai Rp 896 juta. Sedangkan, sampah non organik yang dijual sebanyak 5,6 ton seharga Rp 12 juta.