Senin, 01 Oktober 2018 11:51:00
Editor : Muhamad Ibrahim | Sumber : Cermati.com
Tertarik Bisnis Food Truck? Ikuti Langkah Ini
Ilustrasi (Ist)
Foto : istimewa
 

PURI - Bisnis kuliner food truck kian menjamur di kota besar. Cara berjualan menggunakan mobil yang didesain semenarik mungkin tersebut mampu menarik pelanggan. Terlebih, membawa suasana baru saat menyantap aneka menu hidangan.

Tak heran, banyak orang terjun di bisnis ini.  Namun, jika anda tertarik menggelutinya ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Apa saja?

Memiliki Kendaraan Sebagai Tempat Berjualan

Seperti namanya, anda harus memiliki memiliki mobil atau truk untuk dijadikan tempat berjualan. Lantas, modifikasilah truk atau mobil semenarik mungkin agar menarik pelanggan.

Tetapi bagaimana jika tidak punya truk? Anda bisa mencari truk atau mobil bekas sesuai bujet. Langkah ini dapat menghemat pengeluaran dalam membuka bisnis satu ini.

Mengurus Lisensi atau Surat Perizinan Dagang

Anda perlu mengurus lisensi atau surat perizinan tempat yang akan dijadikan lokasi berjualan. Ini penting dilakukan lantaran bisnis food truck agar aman dan tidak melanggar aturan yang ada.

Mengurus lisensi bisnis ini lebih mudah jika dibandingkan dengan mengurus lisensi restoran. Cukup dengan meminta persetujuan RT/RW setempat, maka bisnis food truck pun siap meluncur ke berbagai area.

Konsep Truk Semenarik Mungkin

Desain konsep food truck semenarik mungkin. Utamanya, tata letak perkakas untuk berjualan. Mulai dari peralatan memasak, perlengkapan makan hingga tempat sampah sekali pun. Letakkan semuanya di tempat yang tepat supaya lebih mudah dijangkau.

Jika tidak mau repot, anda bisa menyewa jasa food truck designer untuk membuat konsep truk yang bagus dan pastinya strategis dari segi tata letak barang

Pandai Mempromosikan Usaha

Pandai memanfaatkan teknologi untuk mempromosikan usaha food truck penting dilakukan. Baik promosi melalui media cetak, iklan, maupun media sosial. Kalau perlu, bergabunglah dengan komunitas food truck dari daerah lain untuk berbagi informasi satu sama lain.

Berjualan di Lokasi Strategis

Karena metode berjualannya di atas truk, Anda bisa berjualan di mana pun tanpa terikat ruang. Oleh sebab itu, pilihlah daerah yang letaknya strategis dan ramai dikunjungi. Karena hanya di daerah seperti ini usaha food truck milik Anda bisa berkembang dari waktu ke waktu.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda