Kamis, 29 November 2018 19:16:00
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Adi Wijaya
Gaet Tamu Asing, Hotel Samala Pertahankan Kuliner Lokal
Hotel Samala Cengkareng (Ist)
Foto : istimewa
 

CENGKARENG - Kebanyakan hotel berkiblat budaya asing hanya demi mendapatkan gengsi semata. Mengabaikan kearifan lokal Indonesia yang justru kian diganderungi wisatawan asing.

Namun tidak bagi Hotel Samala. Hotel berasitektur Eropa moderen itu justru tetap menjunjung tinggi kearifan lokal budaya Indonesia. Terutama dalam menghidangkan kuliner bagi para tamu.

Food and Beverage Manager Hotel Samala, Deriyatman mengatakan, Indonesian Food menjadi ciri khas hotel tersebut. Yakni dengan menghidangkan menu favorit Ayam Bakar Samala dan Nasi Goreng Kampung.

"Di antaranya ada dua makanan favorit di sini. Ayam Bakar Samala dan Nasi Goreng Kampung," kata Deri, saat ditemui di Hotel Samala, Jalan Daan Mogot Kav 2, Kelurahan Cengkareng Timur, Cengkareng, Jakarta Barat, Kamis (29/11/2018).

Dijelaskannya, kearifan lokal itu justru mengundang banyaknya wisatawan asing berkunjung ke hotel tersebut. Pengamatannya, wisatawan asing justru mengidamkan kuliner khas Indonesia. Hanya sedikit wisatawan yang memilih makanan asing untuk disantapnya.

"Kenyataannya wisatawan asing justru tidak terlalu suka dengan makanan asli mereka sendiri. Mereka memilih makanan yang khas Indonesia," jelasnya.

Dipastikannya, kearifan lokal tersebut akan terus diusung manajemen Hotel Samala. Apalagi, hal itu dinilai dapat melestarikan kebudayaan Indonesia dari gempuran budaya asing.

"Tapi tidak hanya itu saja. Kami tetap menghidangkan makanan asing juga. Tapi lebih mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal itu," tutupnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda