Puri > Komunitas

Wadah untuk Belajar Fotografi

Jumat, 30 Juni 2017 18:15 WIB
Editor : Admin | Reporter : Ronald P. Gerson

Fikom Photography Club (FPC).
Fikom Photography Club (FPC).
Foto : Reggy Prawoso

Share this








Untuk paham akan seluk beluk tentang fotografi, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Bisa dengan mengikuti kursus fotografi atau masuk dalam komunitas.

Info Komunitas - Untuk paham akan seluk beluk tentang fotografi, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Bisa dengan mengikuti kursus fotografi atau masuk dalam komunitas. Saat ini banyak komunitas fotografi yang tujuannya saling berbagi ilmu tentu dunia memotret. Salah satunya adalah Fikom Photography Club (FPC) dari Universitas Mercu Buana (UMB), Jakarta Barat.

Fikki Hadiansah, Ketua Fikom Photography Club menjelaskan FPC adalah komunitas fotografi di Universitas Mercu Buana, di mana anggotanya tidak hanya mahasiswa UMB saja. Orang-orang bukan mahasiswa pun yang memiliki ketertarikan pada fotografi bisa bergabung dan belajar fotografi bersama-sama.

Hingga saat ini, komunitas yang berdiri sejak 2008 sudah memiliki 17 angkatan. Kegiatan utamanya sudah tentu belajar fotografi. Namun di luar itu, komunitas ini juga belajar bagaimana berorganisasi dan membuat sebuah pameran foto. “Kegiatan rutin kami, biasanya seminggu seklai kami ada pembekalan materi, selain itu juga ada pameran, sharing materi dengan kampus dan komunitas lain dan juga hunting foto bersama,” kata Fikki.

FPC juga tergabung dalam komunitas besar bernama Panorama yang didalamnya tergabung sekitar 24 kampus se-Jakarta dan Bogor. Beberapa prestasi yang pernah diraih seperti juara 1 Citizen Journalist ajang APFI, juara 1 foto story pada award panorama, juara 2 foto budaya, dan masih banyak perhargaan lainnya. Bagi yang ingin bergabung, FPC tidak ada syarat khusus. Meskipun tidak memeiliki kamera sendiri, tetap bisa ikut bergabung. “Kalau ingin gabung, tidak perlu punya kamera yang penting adalah niat mereka ingin belajar fotografi,” tutup Fikki.