Jumat, 04 Desember 2015 19:50:09
Editor : Admin | Reporter : Ervina
Taichi Asosiasi Dong Yue Taiji Quan Indonesia, Olahraga Sambil Merajut Silaturahmi
Foto : Endo Prakoso
 

Tak hanya sekadar latihan taichi bersama, komunitas ini juga kerap menggelar kegiatan sosial.

INFO KOMUNITAS - Taichi merupakan salah satu seni bela diri yang berkembang di Tiongkok. Taichi sangat populer, dan biasanya dilakukan secara massal pagi hari di taman atau ruang terbuka. Gerakan yang aman membuat seni bela diri ini bisa dipraktikkan oleh berbagai usia. Seperti halnya yang dilakukan komunitas taichi bernama Taichi Asosiasi Dong Yue Taiji Quan Indonesia. Tua muda membaur menjadi satu menggelar latihan taichi bersama.

Setiap Rabu dan Minggu pagi, komunitas ini rutin berkumpul dan berlatih taichi di area parkir Mal Ciputra, Jakarta Barat. Tercatat ada sekitar 100 anggota aktif yang telah bergabung. Mereka berdomisili di Jakarta Barat dengan latar belakang beragam. Mulai dari ibu rumah tangga, dokter, guru dan lainnya.

“Latihan taichi kita di sini terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung. Tidak memandang latar belakang dan usia. Setiap kali pertemuan, dihadirkan guru khusus taichi yang mengajar. Latihannya pun tak dipungut biaya sama sekali,” ujar Wirawati Hartawan, Ketua Umum Asosiasi Dong Yue Taiji Quan Indonesia kepada Info Puri.

Selain untuk menjaga kesehatan, lanjutnya, salah satu tujuan berdirinya komunitas ini adalah merajut silaturahmi antarwarga di Jakarta Barat. “Tujuannya utamanya memang untuk kesehatan. Tapi hadirnya komunitas ini juga sekalian sebagai wadah silaturahmi antarwarga yang tinggal di Jakarta Barat,” ungkap Wirawati.

Tak melulu kegiatan latihan taichi bersama, Asosiasi Dong Yue Taiji Quan Indonesia juga kerap kali menggelar kegiatan sosial. Salah satu yang rutin dilakukan adalah berkunjung ke panti jompo yang ada di kawasan Jakarta Barat. “Kegiatan sosial itu memang datang dari inisiatif para anggotanya. Karena semua dilakukan atas dasar kemauan hati, bukan karena bayaran,”tegas Wirawati.

Sementara Asosiasi Dong Yue Taiji Quan Indonesia sendiri telah berdiri dan diresmikan sejak 2010 silam. Tak hanya di Jakarta, pengurus asosiasi ini telah tersebar di Tanah Air. Khusus untuk di Jakarta Raya, tercatat lebih dari 2.000 anggota yang telah terdaftar dan aktif dalam komunitas ini.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda