Puri > Komunitas

Stand Up Indo Jakarta Barat, Lebih dari Sekedar Komedi

Selasa, 05 Desember 2017 14:15 WIB
Editor : Waritsa Asri | Reporter : M Nashrudin Albaany

Komunitas Stand Up Indo Jakarta Barat
Komunitas Stand Up Indo Jakarta Barat
Foto : Reggy Prawoso

Share this








Stand Up Indo Jakarta Barat tidak hanya menyajikan komedi namun juga membahas tentang cara menulis materi stand up comedy bagi yang penasaran.

PURI - Seni pertunjukan komedi secara monolog atau yang lebih dikenal dengan stand up comedy kian berkembang pesat. Hal ini terbukti dengan makin maraknya komunitas stand up comedy yang hampir ada di tiap kota di Indonesia, salah satunya adalah komunitas Stand Up Indo Jakarta Barat. 

Komunitas yang terbentuk sejak November 2012 ini hadir sebagai wadah bagi masyarakat yang menyukai seni stand up comedy, khususnya di Jakarta Barat. Hingga kini, setidaknya tercatat ada sekitar 40 anggota aktif yang terdaftar sebagai komika di komunitas ini.

"Stand Up Indo Jakbar adalah komunitas yang terbuka bagi siapa saja yang suka dengan stand up comedy, jadi tidak harus bisa stand up. Untuk bergabung di komunitas ini, tidak ada persyaratan khusus, cukup hadir saat Open Mic setiap Jumat malam di Lounge 78, Palmerah," ujar Ketua Stand Up Indo Jakbar, M Rizal kepada Info Puri.

Selain rutin menggelar Open Mic tiap minggunya, komunitas ini juga selalu mengadakan pertemuan setiap Rabu malam. Pertemuan ini dilakukan sebagai ajang untuk sharing antar komika yang membahas tentang cara menulis materi stand up comedy.

Selama lima tahun hadir di Jakarta Barat, komunitas ini telah banyak menelurkan komika papan atas tanah air. Diantaranya adalah Rigen yang menjadi juara 1 ajang pencarian bakat SUCI 5 Kompas TV, Aci Resti Juara 1 SUCA 2 Indosiar dan beberapa anggota lain yang juga ikut dalam kompetisi yang diadakan di berbagai televisi di Indonesia.

"Namun, Stand Up Indo Jakbar arahnya tidak hanya pada stand up comedy yang menelurkan komika profesional. Karena stand up comedy ini kan basicnya public speaking, jadi kami merangkul siapa saja. Mungkin ada orang yang ingin jadi penyiar radio, nah mereka bisa belajar disini juga," tutur Rizal.

Kendati telah banyak menelurkan komika profesional, namun Rizal menganggap bahwa Stand Up Indo Jakbar masih belum terlalu dikenal oleh masyarakat, khususnya yang tinggal di Jakarta Barat. Ia pun berkeinginan agar komunitas ini dapat lebih memperlebar sayap, salah satunya dengan menggelar show di berbagai Sekolah dan Universitas di Jakarta Barat.

"Kami ada kegiatan yang bernama Kopaja (kongkow pemuda Jakarta Barat) Ngiter. Melalui kegiatan ini, kami edukasi ke berbagai sekolah dan kampus di Jakarta Barat tentang stand up comedy. Sejauh ini, sudah ada 15 sekolah tingkat SMA dan satu kampus di Jakarta Barat yang kami kunjungi," pungkas Rizal.