Puri > Komunitas

Latihan Nafas Sehat Bagi Lansia

Kamis, 04 Mei 2017 15:13 WIB
Editor : | Reporter : Ronald P. Gerson

Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (PORPI) Ranting Meruya Utara.
Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (PORPI) Ranting Meruya Utara.
Foto : istimewa

Share this








Tidak sekedar untuk kesehatan saja namun juga bisa menjalin silahturahmi antar sesama anggota.

Info Komunitas - Siapa bilang olahraga hanya punya yang muda? Di persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (PORPI) Ranting Meruya Utara, olahraga punyanya yang usia sepuh atau lanjut usia. Anggota dari komunitas ini memang tidak 100% lansia, hanya saja didominasi oleh lansia berusia 60-80 tahun. Semangat anggota untuk berlatih, menjadi kunci kelompok senam ini bisa berjalan lebih dari satu dekade. "Olahraga yang dilakukan lebih kepada olahraga pernapasan karena menyasar orang tua," ujar Subardi Toegoer, Ketua PORPI Ranting Meruya Utara ini.

Kelompok senam yang sudah terbentuk sejak tahun 2001 ini, tercatat beranggotakan sekitar 160 orang, hanya yang aktif sekitar 35 orang saja. "Kesibukan masing-masing menjadi sebab tidak semua anggota bisa rutin aktif," tambah Subardi.  Selain itu, tujuan utama dibentuknya kelompok senam ini, tidak sekedar untuk kesehatan saja namun juga bisa menjalin silahturahmi antar sesama anggota.

Mereka melakukan senam pernapasan seminggu 2 kali, setiap Selasa dan Jumat pagi. Tidak hanya senam, kelompok yang mememiliki pelatih bernama Ibu Patsiah dan Ibu Unik ini,  juga punya agenda rutin yang dilakukan 2 kali setahun, bernama wisata raga. Kegiatan wisata raga biasanya semua anggota pergi jalan-jalan bersama.

Rumah Sakit Umum Meruya turut mendukung kegiatan rutin komunitas. Dengan memfasilitasi tempat latihan di pelataran parkir Rumah Sakit. Sering juga rumah sakit mengadakan pemeriksaan tensi, gula darah dan seminar kesehatan yang melibatkan PORPI. Nah, bagi yang ingin ikut bergabung dengan kelompok senam ini, bisa langsung datang saja ke Rumah Sakit Umum Meruya. Atau boleh mencoba latihan dulu, kalau cocok baru diberikan formulir untuk bergabung.