Kamis, 29 November 2018 11:50:00
Editor : Muhamad Ibrahim | Sumber : DBS
Komunitas Ini Sulap Lahan Tidur Ibu Kota Menjadi Produktif
Jakarta Berkebun. Foto : Edy Susanto
Foto : istimewa
 

PURI - Keterbatasan lahan di Jakarta tidak menjadi halangan bagi komunitas satu ini untuk berkebun. Dengan memanfaatkan lahan tak terpakai di tengah kota, Komunitas Jakarta Berkebun berhasil menyulapnya menjadi kebun produktif berbagai macam tanaman seperti sayur mayur, buah dan bunga.

Jakarta Berkebun merupakan komunitas urban farmer Jakarta. Urban farming adalah kegiatan pemanfaatan lahan tidur di kawasan perkotaan menjadi lahan pertanian yang produktif dilakukan oleh masyarakat sekitar. Komunitas ini telah memiliki follower lebih dari 12 ribu di akun Instagram resminya.

Setiap Minggu pagi, komunitas ini berkumpul di sebuah lahan seluas 700 meter persegi di permukiman Gianetti Apartemen, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Selain berkebun, Jakarta Berkebun memberikan pelatihan kepada siswa sekolah dan masyarakat umum. Mulai dari teknik menanam sayur mayur seperti sawi, kangkung dan bayam.

“Dengan berkebun sendiri kita tidak perlu lagi membeli sayuran yang ada di luar. Tentunya kegiatan berkebun akan sangat menghemat pengeluaran,” kata salah satu anggota Komunitas Jakarta Berkebun Somad (28), (28/11)

Diungkapkannya, ada tiga kegiatan yang terus digalakan oleh Jakarta Berkebun, yakni ekologi yaitu kegiatan mulai dari menanam, menyiram hingga merawat kebun. Juga, edukasi yakni para anggota memberikan edukasi soal tanaman kepada masyarakat, mulai dari pegawai kantoran hingga anak-anak sekolah.

“Ketiga adalah ekonomi. Ekonomi di sini memang bukan melulu soal uang, ekonomi yang dimaksud adalah mandiri pangan, yakni bagaimana menghemat pengeluaran dengan sesuatu yang ada di kebun sendiri,” jelasnya.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda