Puri > Kesehatan

Kasus DBD di Rawa Buaya Turun Drastis

Sabtu, 15 Juli 2017 12:06 WIB
Editor : Dany Putra | Sumber : DBS

Nyamuk aedes aegypti penyebab demam berdarah
Foto : istimewa

Share this








Turunnya kasus DBD di Kelurahan Rawa Buaya berkat gencarnya kegiatan PSN yang dilakukan aparat pemerintahan dan warga setempat.

JAKARTA – Kasus demam berdarah (DBD) di wilayah Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat menurun drastis. berdasarkan data puskesmas kelurahan setempat, sejak Januari hingga 14 Juli 2017, kasus DBD di wilayah tersebut hanya sembilan kasus. Bahkan untuk bulan Juli belum ada kasus DBD.

Jumlah tersebut sangat jauh menurun karena pada tahun 2016 Kelurahan Rawa Buaya diserang kasus DBD hingga 152 kasus. “Berkurangnya angka DBD tak lepas karena gerakan  pemberantasan sarang nyamuk (PSN) yang rutin dilaksanakan,” kata Lurah Rawa Buaya, Syafwan Busti, Sabtu (15/7/2017).

Dia melanjutkan, pihaknya bersama petugas puskesmas kelurahan, RT/RW, juru pemantau jentik (jumantik), dan warga selalu rutin melaksanakan PSN tiap Jumat pagi.

Meski angka DBS sudah berkurang drastis, Syafwan tetap mengingatkan seluruh jumantik, RT/RW dan warganya tetap mewaspadai ancaman penyakin demam berdarah dengan rutin melaksanakan PSN.

“Jangan lengah. Kami minta tetap aktif melakukan PSN di lingkungan masing masing. Warga juga harus peduli terhadap lingkungan rumahnya. Ada genangan air di botol bekas, dalam ban, dispenser, tempat minum burung dan lainnya, segera kuras,” imbuhnya.