Puri > Kesehatan

Inilah 5 Jenis Makanan dengan Kandungan Kalsium Tinggi

Rabu, 04 Juli 2018 18:49 WIB
Editor : Wahyu AH | Sumber : Go Dok

Ilustrasi Air Susu (Ist)
Ilustrasi Air Susu (Ist)
Foto : istimewa

Share this








Cara terbaik untuk mendapatkan kalsium yang cukup adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium setiap hari.

JAKARTA - Kalsium adalah mineral yang penting untuk tubuh Anda karena memainkan peran dalam fungsi dasar tubuh Anda. Tubuh membutuhkan kalsium untuk mengedarkan darah, menggerakkan otot, dan melepaskan hormon. Kalsium juga membantu membawa pesan dari otak ke bagian lain dari tubuh Anda. Kalsium adalah bagian utama dari kesehatan gigi dan tulang juga sehingga membuat tulang Anda kuat dan padat.

Namun tahukah Anda, kalau tubuh tidak menghasilkan kalsium? Eits, Anda tidak perlu panik dulu. Cara terbaik untuk mendapatkan kalsium yang cukup adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium setiap hari.

Tubuh Anda pun membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium. Anda tidak akan sepenuhnya mendapat manfaat dari diet kaya kalsium jika Anda kekurangan vitamin D. Anda bisa mendapatkan vitamin D dari makanan tertentu, seperti salmon, kuning telur, dan beberapa jamur, tetapi sinar matahari adalah sumber vitamin D terbaik Anda.

Bagaimana Anda tahu telah mendapatkan cukup kalsium?

National Institutes of Health (NIH) menyebutkan, orang dewasa harus mendapat 1.000 mg kalsium setiap hari. Untuk wanita di atas 50 dan selama kehamilan dan menyusui, NIH merekomendasikan 1.200 mg per hari. Juga direkomendasikan semua orang di atas usia 70 mendapat 1.200 mg per hari, sementara anak-anak berusia 4-18 tahun disarankan untuk mendapatkan 1.300 mg.

Anda bisa mendapatkan kalsium yang dibutuhkan dari makanan yang mengandung kalsium dari produk susu atau dairy seperti susu, keju, dan yogurt. Namun, banyak juga sumber non-dairy atau non-produk susu yang mengandung mineral ini seperti makanan laut, sayuran hijau, kacang polong, buah kering, tahu dan berbagai makanan yang diperkaya dengan kalsium.

Apa saja makanan yang mengandung kalsium?

1. Produk Susu

Tentunya Anda tahu dong makanan yang mengandung kalsium tinggi biasanya terdapat pada produk olahan susu? Kebanyakan keju merupakan sumber kalsium yang sangat baik. Keju parmesan mengandung paling banyak kalsium. Sebagai bonus tambahan, kalsium dalam produk susu lebih mudah diserap oleh tubuh Anda daripada yang berasal dari sumber tanaman.

Yogurt juga merupakan sumber kalsium terbaik. Banyak jenis yogurt juga kaya bakteri probiotik hidup, yang memiliki berbagai manfaat kesehatan.

2. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang sangat bergizi dan beberapa jenis kacang memiliki jumlah kalsium yang cukup. Dari makanan yang mengandung kalsium pada jenis kacang-kacangan ini almond mengandung kalsium tertinggi. Tahu dan edamame juga sama-sama kaya kalsium. Jenis kacang dan biji-bijian lain yang mengandung kalsium antara lain chickpeas, lentil, kacang polong, biji bunga matahari, dan biji wijen.

3. Buah dan Sayuran

Sayuran berwarna hijau gelap, seperti kale, arugula, selada air, dan collard hijau, mungkin merupakan sumber kalsium non–dairy terbaik. Sayuran hijau ini juga tinggi magnesium, yang sangat membantu untuk menjaga integritas tulang, dan vitamin K, yang dibutuhkan untuk metabolisme tulang.

Dari semua sumber kalsium tersebut, brokoli juga termasuk sayuran hijau yang tidak hanya sehat untuk tulang, tetapi juga sumber vitamin C, serat, dan nutrisi yang sangat baik yang mengandung sifat melawan kanker. Meskipun bayam juga termasuk dalam kelompok sayuran hijau, tetapi mengandung asam oksalat yang membuat tubuh manusia tidak dapat menyerap kalsium.

Buah dan sayur lainnya yang mengandung kalsium antara lain: bok choy, kacang hijau, wortel, buah ara, ubi jalar, jeruk, butternut squash, rumput laut, brokoli rabe.

4. Ikan

Ikan sarden dan salmon kalengan mengandung kalsium, berkat tulangnya yang dapat dimakan. Ikan ini juga menyediakan protein berkualitas tinggi dan asam lemak omega-3, yang baik untuk jantung, otak, dan kulit Anda.

5. Makanan yang diperkaya kalsium

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, makanan yang mengandung kalsium tinggi terdapat pada olahan susu. Tapi bagaimana jika Anda mempunyai alergi atau tidak suka dengan makanan tersebut? Tenang! Cara lain untuk mendapatkan kalsium adalah melalui makanan yang diperkaya.

Mungkin Anda tidak bisa minum susu, tetapi jangan kuatir karena Anda masih bisa mendapatkan kalsium dari minuman non-susu yang diperkaya kalsium seperti susu kedelai yang diperkaya kalsium. 7 gram protein membuatnya menjadi susu non-susu yang paling bergizi mirip dengan susu sapi. Jus jeruk juga dapat diperkaya kalsium.

Beberapa jenis sereal dapat memberikan hingga 1.000 mg per porsi, dan itu sebelum menambahkan susu. Makanan berbahan dasar gandum dapat diperkaya dengan kalsium. Anda perlu membaca label produk untuk mengetahui berapa banyak kalsium yang terkandung dalam makanan yang diperkaya tersebut.

Nah, itulah makanan yang mengandung kalsium. Mendapatkan kalsium dari makanan adalah cara yang terbaik. Tetapi jika Anda tidak cukup mendapatkan kalsium dari mengonsumsi makanan, Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan suplemen kalsium. Bicarakanlah dengan dokter Anda sebelum memulai sesuatu; suplemen kalsium dapat berinteraksi secara negatif dengan obat-obatan tertentu.

 

Berita Terkait