Sabtu, 19 Mei 2018 15:31:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Ade Indra Kusuma
Ilustrasi
Ilustrasi.
Foto : istimewa
 
PURI - Selama sebulan penuh berpuasa, jangan sampai Anda melewatkan sahur ya. Sebab, makan saat sahur sangat penting untuk menutrisi tubuh yang akan berpuasa hingga menjelang malam. 
 
Selain sengaja melewatkan sahur, kebiasaan makan yang harus dihindari selama puasa Ramadan adalah menjauhkan diri dari makanan tinggi gula, gorengan, dan kafein berlebihan.
 
Merasa belum sanggup menjauhi semua makanan itu, setidaknya agak dikurangi takarannya. Pilih porsi yang sangat kecil guna memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang sehat.
 
Rashi Chowdhary, Ahli Nutrisi dari Amerika, mengatakan, terlalu mengandalkan makanan maupun minuman tinggi gula saat sahur dan berbuka hanya membuat tubuh lemas. Rasa kantuk lebih mudah menyerang. 
 
"Terlalu mengandalkan makanan dan minuman manis saat sahur menyebabkan kadar gula dalam darah turun sangat cepat. Yang membuat rasa lapar muncul lebih cepat. Bawaan ingin menyantap yang manis-manis saat puasa sulit dibendung," kata Rashi.
 
Untuk menghindari konsumsi minuman manis berlebihan saat buka puasa, Rashi menyarankan agar beralih ke kurma dan buah-buahan seperti apel, pir, dan jenis yang lain asal rendah gula. Kemudian, usahakan memasukkan lemak baik ke dalam menu sahur selama puasa Ramadan. 
 
"Memasukkan satu sampai dua jenis lemak baik saat sahur akan sangat membantu tubuh mencapai tingkat kadar gula yang stabil," katanya.
 
Jangan lupakan pula sumber protein seperti ayam, ikan, udang, daging sapi. Minum kafein ada baiknya agak dikurangi. Ganti dengan memperbanyak minum air putih guna mencegah dehidrasi. 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda