Selasa, 15 Mei 2018 13:59:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Ade Indra Kusuma
Empat Cara Naikkan Berat Badan Anak
Ilustrasi.
Foto : istimewa
 

PURI – Banyak orang tua dibuat bingung dan cemas ketika anak mulai susah makan. Kekhawatiran itu karena berat badan anak bisa menjadi turun. Sedangkan untuk menaikkannya kembali tidak mudah. Jika itu dialami, jangan panik atau cemas. Coba lakukan empat langkah berikut untuk menaikkan berat badan anak.

Asupan kalori yang cukup
Naik turun berat badan tergantung pada jumlah asupan kalori yang masuk dan keluar. Jika asupan yang masuk lebih banyak dibanding yang keluar, maka bisa menaikkan berat badan. Untuk anak, asupan itu harus sesuai dengan kebutuhannya. Seperti anak usia 103 tahun kebutuhan kalorinya sekitar 100 kkal per kg berat badan ideal. Sedangkan untuk anak usia 4-6 tahun, kebutuhan kalorinya sekitar 90 kkal per kg berat badan.

Menu makanan bervariasi
Orangtua harus memperhatikan makanan dari sisi kualitas dan kuantitas. Perhatikan pula kandungan makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Begitu pula dengan mikronutriennya yaitu vitamin dan mineral.

Cara pemberian makan yang tepat
Salah satu kesulitan orangtua adalah ketika anak mulai susah makan. Kondisi itu bisa disiasati dengan mekan bersama orangtua, sajian makanan yang menarik atau tawaran menu yang variatif. Biasakan pula makan sesuai dengan jam-jam yang sudah ditetapkan. Jangan biasakan pula diluar jam tersebut anak diberi camilan.

Cukup istirahat
Terpenting dalam tumbuh kembang anak anak adalah waktu istirahat yang cukup. Untuk anak, tidur siang sangat dianjurkan. Di waktu malam, upayakan anak mendapat tidur yang cukup sekitar 8 jam.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda