Rabu, 25 April 2018 13:45:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Rachli Anugrah Rizky
Diet ala Cinderella Tidak Disarankan
Ilustrasi diet.
Foto : istimewa
 

PURI - Selama masih banyaknya orang dengan masalah kegemukan, diet akan menjadi salah satu langkah yang banyak orang lakukan. Tren baru diet pun setiap tahunnya. Seperti halnya tren “diet Cinderella” yang sempat menjadi perbincangan di media sosial dan internet belum lama ini.

Diterangkan oleh Dr. Ida Gunawan, MS, SpGK(K), diet Cinderella merupakan suatu diet dengan body image Cinderella. Karakter fiksi Cinderella ini menjadi panutan bagi mereka untuk mendapatkan tubuh kecil dan ramping. Namun, pola diet ini tidak sehat, karena mereka melakukan cara apapun guna mendapat berat badan yang diinginkan.

"Ini hanya body image, di mana orang atau kelompok yang menginginkan bentuk badan seperti Cinderella. Diet ini juga tidak ada penelitiannya," ujar dokter spesialis gizi klinik RS Pondok Indah-Puri Indah.

Diet Cinderella sama seperti fad diet yang menganjurkan pengurangan kalori dan nutrisi tanpa jumlah pasti. Meskipun menjanjikan berat badan menurun, namun berbahaya bagi tubuh karena asupan nutrisi banyak berkurang.

Jika diet ini terus dilakukan akan membuat kegagalan fungsi organ dan bisa menyebabkan kematian. Bahkan pikiran dan mental pun bisa terganggu. "Meskipun ada perubahan pada fisik, hal ini termasuk orang dengan kondisi gizi kurang," ujar dokter spesialis gizi klinik RS Pondok Indah-Puri Indah.

Mereka akan terlihat seperti pasien anoreksia yang memiliki gangguan makan yang ditandai penolakan untuk mempertahankan berat badan dan rasa takut berlebih terhadap peningkatan berat badan.

"Dengan begitu pula, pengobatan yang dilakukan tidak hanya fisik, namun juga psikologisnya juga diperbaiki," tutur dokter murah senyum ini.

Untuk mendapatkan berat badan layaknya Cinderella, maka tinggi badan dikalikan dua, lalu dikalikan dengan angka 18. Bagi mereka, karakter Cinderella memiliki indeks massa tubuh (IMB) diangka 18. Padahal anggka IMT yang disarankan itu adalah 20-22.

"Menurut WHO, IMT untuk Asia itu antara 18,5 - 22,9. Perbandingannya sangat jauh, Anda harus mengurangi sekitar 10 kilo untuk dapat tubuh layaknya Cinderella. Ini diet sesuka hati," jelasnya.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda