Pluit kapuk > Usaha

Tips Jadi Miliader Saat Usia Muda

Minggu, 06 Agustus 2017 17:00 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Sumber : DBS

Pemilik Facebook, Mark Zuckerberg
Pemilik Facebook, Mark Zuckerberg
Foto : istimewa

Share this








Memiliki penghasilan triliunan rupiah saat usia masih muda tentu menjadi idaman bagi siapa pun, perubahan gaya hidup dan cara pandang sangat mempengaruhi.

PENJARINGAN – Siapa yang tidak mengenal Mark Zuckerberg, pemilik facebook yang menjadi miliader saat usia masih 24 tahun. Pada tahun 2008, atau berselang empat tahun sejak media sosial jejaring pertemanan berdiri, pria kelahiran 14 Mei 1984 ini mendapat gelar miliader termuda di dunia.

Pada tahun 2011, pendapatan bersih Mark mencapai US$17,5 miliar. Jika kurs dollar terhadap Rupiah senilai Rp 13 ribu, berapa triliun penghasilan Mark dalam sebulan.  

Untuk meraih penghasilan triliunan rupiah memang tidak mudah, tetapi hal tersebut dapat dilakukan dengan cara mengubah gaya hidup dan cara pandang. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan jika ingin bernasib sama seperti Mark.

1. Fokus pada Penghasilan

Banyak orang yang tidak melihat penghasilan ketika menerima sebuah pekerjaan. Tapi jika ingin banyak uang di usia 30-an, tampaknya Anda tetap perlu memperhatikan urusan uang. Kemudian fokuslah pada peningkatan gaji setiap tahunnya. Jika penghasilan Anda belum meningkat dalam beberapa tahun, ada baiknya meminta kenaikan gaji atau mungkin mencari karier lain.

2. Perbanyak Sumber Penghasilan

Jika bisa, Anda juga punya beberapa sumber gaji. Mulai sekarang coba pikirkan, kira-kira bisnis atau jasa apa yang bisa Anda jual dan memberi penghasilan ekstra. Namun sebelumnya pastikan dulu apakah perusahaan memperbolehkan dan Anda mampu menjalani serta membagi waktu.

3. Menabung untuk Investasi

Kebanyakan orang menabung untuk menyimpan uang. Namun untuk menjadi seorang jutawan, Anda perlu mengubah cara pandang. Selain untuk mengumpulkan uang, menabunglah juga untuk berinvestasi. Jadi, uang Anda dalam rekening bukan hanya untuk disimpan namun juga digandakan dengan 'bermain' saham, reksadana, obligasi, dan lainnya.

4. Ubah Cara Pandang Mengenai Uang

Mengubah kebiasaan bisa dimulai dengan mengubah cara pandang. Jika ingin lebih hemat dalam keuangan, ubah pula pikiran Anda mengenai uang dan kekayaan. Hal tersebut juga menjadi 'rahasia' jutawan Steve Siebold.

"Rahasianya selalu sama: berpikir. Jika kebanyakan orang percaya jadi kaya itu di luar kendali, orang kaya tahu jika menghasilkan uang adalah pekerjaan," ungkap Steve dilansir Time.

5. Investasi Diri Sendiri

Agar karier bisa berkembang dan penghasilan bertambah, tentu Anda perlu mengembangkan diri sendiri. Caranya adalah dengan terus menggali kemampuan, pengalaman, dan ilmu.

6. Bergaul dengan Orang yang Anda Kagumi

Jangan malu untuk bergaul jika ingin kaya. Apalagi dengan orang-orang sukses yang selama ini Anda kagumi. Ketika bergaul dengan 'idola', coba perhatikan cara mereka bersikap dan berpikir.

"Berada di antara orang yang lebih sukses dari kamu berpotensi mengekspansi pemikiranmu dan memperbanyak penghasilan. Kenyataannya, jutawan berpikir berbeda dari kelas menengah mengenai uang dan banyak yang bisa diambil dengan berada di dekat mereka," tutur Steve.

7. Jangan Pamer

Ketika sudah punya banyak uang, jauhi pikiran untuk memamerkannya. Pamer kekayaan akan membuat Anda menghabiskan uang yang selama ini sudah susah payah didapatkan. Jika bisa, tetaplah hidup dalam kesederhanaan meski tidak dilarang pula untuk sesekali berbelanja.