Pluit kapuk > Usaha

Jatuh Bangun Usaha Jahit Pakaian di Pluit

Kamis, 11 Januari 2018 20:15 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Chandra Purnama

Penanggung jawab Kenzo International Taylor Muchlisin
Penanggung jawab Kenzo International Taylor Muchlisin
Foto : Malik Maulana

Share this








Penanggung jawab Kenzo International Taylor Muchlisin menceritakan usaha jahit pakaian yang ia rintis di Pluit sejak 13 tahun lalu jatuh bangun.

PENJARINGAN - Berawal usaha kecil-kecilan dengan membuka lapak kaki lima, Kenzo International Taylor mulai menunjukan taringnya dalam bidang usaha jasa jahit jas, batik dan kebaya. Beragam cobaan turut menghampiri dalam menunjang kebangkitan usaha.

Penanggung jawab Kenzo International Taylor Muchlisin mengungkapkan, awalnya usaha dengan membuka lapak kaki lima disekitar Pluit, Jakarta Utara. Namun, karena berangsurnya kepercayaan konsumen terhadap jasa jahit ditempat tersebut, jumlah pesanan mulai meningkat.

"Kami bisa begini karena kepercayaan pelanggan juga. Awalnya cuma buka lapak kaki lima, lalu pindah ke ruko disekitar sini selama 13 tahun. Kalau disini itu baru tiga tahun," ungkap dia saat berbincang dengan Infonitas, Kamis (11/1/2018).

Ia menjelaskan, beragam cobaan mulai mendatangi saat Kenzo International Taylor mulai naik daun. Salah satunya adalah peristiwa kebakaran yang melahap habis bangunan tempat usahanya.

Namun, peristiwa naas tersebut merupakan awal keberanian untuk membuka kios yang lebih besar lagi. Kios  tersebut yang bertahan hingga sekarang. "Kami di Pluit Sakti ini baru tiga tahun," ucapnya.

Muchlisin mengakui, usaha yang dibangun berlandaskan kepuasan konsumen ini, mulai memiliki hati dipara konsumen. Bahkan, konsumennya sudah tersebar di Jabodetabek.

"Ya namanya orang sudah percaya kan, sejauh apapun rumahnya pasti datang kesini, walaupun cuma sekedar memesan satu stel jas aja," pungkasnya.