Pluit kapuk > Profil

Komunikasi Baik Jadi Kunci Sukses Lurah Pejagalan

Minggu, 09 April 2017 17:53 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Muhammad Azzam

Lurah Pejagalan, Jakarta Utara, Yogara Fernandez Pasaribu
Lurah Pejagalan, Jakarta Utara, Yogara Fernandez Pasaribu
Foto : Muhammad Azzam

Share this








Lurah Yogara lebih senang menghabiskan kerjanya untuk blusukan ke warga dan berkomunikasi langsung dengan para RT/RW di wilayahnya.

PENJARINGAN – Tiap lurah di DKI Jakarta memiliki cara kerja tersendiri untuk menata wilayah kerja. Seperti, Lurah Pejagalan Jakarta Utara, Yogara Fernadez Pasaribu menghabiskan wartu kerja untuk bertemu warga.

"Kalau saya dari 8 jam kerja paling hanya 2 jam waktu saya ada di Kantor Kelurahan, sisanya saya dilapangan bersama warga ngobrol bareng tanya keluhannya apa dan warga ini butuh apa. Yaa kecuali kalau ada rapat di Walikota atau di Balaikota,"tutur Yogara kepada infonitas.com, Minggu (9/4/2017).

Mantan sekretaris Kelurahan Sunter Jaya mengatakan, komunikasi langsung dengan para RT dan RW merupakan hal yang sangat penting dalam segi kehidupan apapun, termasuk dalam menjabat sebagai lurah ini. Hal itu dilakukan guna beradaptasi dengan lingkungan, permasalahan yang ada dan untuk saling berbagi ilmu dengan internal Kelurahan, RT/RW maupun warga.

"Saya tidak mau sok tau dan sok pintar, kalau saya gatau saya nanya ke Sekel, atau ke staff , RT RW kita harus nanya,"ungkap Yogara yang pernah menjabat Kasie Pemerintahan kelurahan Papanggo tahun 2015.

Berbicara Kelurahan  Papango dan Sunter Jaya, Yogara menjelaskan kedua wilayah itu sangatlah jauh berbeda kondisinya dengan Kelurahan Pejagalan yang dirinya pimpin sebagai lurah. Baik dari segi penataan bangunan dan lingkungan serta juga karakter dari pada warga yang ada.

"Papango dan Sunter Jaya kan ada di Kecamatan Priok kondisinya sangat jauh berbeda dengan Pejagalan yang berada di Kecamatan Penjaringan Papanggo dan Sunter jaya cukup terata. Kalau Pejagalan ini kan agak kusut,"jelas alumni Komunikasi Universitas Indonesia

Oleh karenanya Yogara selalu memastikan, komunikasi ke bawah sangat dijaga dalam meningkatkan mutu pelayanan warga.

"Saat ini untuk menjalin komunikasi yang baik dan intens dimudahkan dengan adanya aplikasi Whatsapp. Kita ada group WA Kelurahan  dan saya juga kan masuk ke Group RT/RW mereka jadi bisa memonitoring keluhan warga dan dapat menjawab langsung pertanyaan RT/RT atau warga.  Yang jelas kami dengan RW selalu koordinasi dan komunikasi, agar permasalahan di masyarakat cepat ditangani," ujar dia.

Baca juga : Sulitnya Regenerasi RT di RW 18 Kelapa Gading Barat