Selasa, 18 September 2018 20:38:00
Editor : Wahyu AH | Sumber : kompas.com
Punya Anak Pemalu? Begini Cara Mendidiknya
Ilustrasi
Foto : istimewa
 

PENJARINGAN - Rasa malu berlebih dalam diri anak memang bisa berdampak terhadap kehidupan sosialnya pada masa depan. Sebab, lazimnya, anak pemalu cenderung membatasi pengalaman mereka dan tidak mau mengambil risiko sosial. Sehingga, mereka sulit memperoleh kepercayaan diri dalam berbagai situasi sosial.

Namun, orang tua tidak perlu terlalu khawatir. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak bisa lebih akrab dengan lingkungan sosialnya.

1. Biasakan untuk selalu menggunakan kontak mata langsung ketika berbicara dengan anak. Secara tak sadar, ini akan memperkuat rasa percaya diri anak. Namun, jika anak tak nyaman saat melakukan kontak mata, ajarkan dia untuk bicara sambil menatap hidung lawan bicaranya.

2. Ajarkan percakapan pembuka dan penutup untuk orang yang dikenal, tidak dikenal, teman baru, ataupun orang yang lebih tua maupun lebih muda. Latihlah dengan cara percakapan langsung dengan saling berhadapan.

3. Ajaklah anak ke tempat-tempat yang dipenuhi kerumunan orang. Seperti acara ulangtahun, pernikahan, gathering kantor, dan sebagainya. Ini untuk melatih anak dalam menghadapi situasi sosial. Tentunya, harus mendapat pendampingan langsung dari orangtua dengan mempraktekkan langsung suasana atau kondisi saat bertemu orang baru, menyapa seseorang, mengobrol, hingga mengucapkan selamat tinggal.

4. Philip Zimbardo, psikolog yang kerap menangani masalah menghadapi rasa malu, merekomendasikan sebuah cara untuk mengatasi rasa malu pada anak-anak. Caranya dengan mengelompokkan anak pemalu dengan anak-anak yang usianya lebih muda. Secara tidak langsung mereka akan memulai percakapan dan secara naluri akan membuat mereka lebih percaya diri karena dia merasa lebih dewasa dan bisa melindungi adik-adiknya.

5. Dr Fred Frankel, psikolog dari UCLA Social Skills Training Program, menyarankan, untuk mengatasi rasa malu pada anak, gunakan metode one on one sebagai cara untuk membangun kepercayaan sosial. Ini adalah suatu metode Anda mengundang seorang anak lain untuk bermain bersama anak Anda selama beberapa jam. Hal tersebut bertujuan agar mereka mengenal satu sama lain, dan melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kemampuan berteman.
 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda