Rabu, 16 Mei 2018 15:59:00
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Adi Wijaya
Pentingya Pembentukan Karakter Sejak Dini
Ilustrasi (Ist)
Foto : istimewa
 

PENJARINGAN - Perilaku orang dewasa tak terlepas dari pembentukan karakter sejak usia dini. Salah asuh, kerap menyebabkan orang dewasa berperilaku amoral, yang jauh dari sifat simpati dan empati antar sesama.

Principal Apple Tree Preshool Muara Karang, Tanty Marthauli mengatakan, pendidikan karakter anak penting ditanamkan sejak dini. Sebab, karakter yang terbentuk saat usia dini itu akan diterapkannya hingga usia dewasa.

"Pendidikan karakter sangat penting, terbentuk sejak kecil hingga dewasa," kata Tanty, saat ditemui di Apple Tree Preschool Muara Karang, Jalan Muara Karang Blok i1 Selatan No. 26-28, RT20/02, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Rabu (16/5/2018).

Dirasakannya, percuma saja anak memiliki daya berpikir pintar jika tidak berbudipekerti baik. Justru hal tersebut akan menjerumuskan anak pada perilaku negatif.

"Selain pintar, tentunya anak harus memiliki budi pekerti baik. Seimbang antara pendidikan akademis dan moral," jelasnya.

Di Apple Tree School, dia menerangkan anak didik diberikan pendidikan 'role playing' untuk menanamkan moral. Mendidik anak untuk saling pengertian sesama teman. Tak luput, para pengajar pun mencontohkan moral baik setiap harinya. Sebab, usia anak mudah mengikuti apa yang ditangkap panca indra.

"Tapi semua ini (pendidikan moral) juga harus diterapkan di lingkungan rumah. Terutama orangtua yang harus mencontohkan moral baik agar diikuti anaknya," tandasnya.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda