Senin, 14 Mei 2018 16:39:00
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Adi Wijaya
Mendidik Karakter Anak, Saint Nicholas School Beri Contoh Baik
Foto : Malik Maulana
 

PENJARINGAN - Usia anak tak terlepas dari aktivitas copy paste. Mereka akan meniru setiap apa yang diajarkan atau dilihat tanpa mengenal baik dan buruk dari aktivitas tersebut.

Pengajaran contoh itulah yang diterapkan di Guru Saint Nicholas School. Ermawati Sihaloho, Guru Saint Nicholas School memastikan, setiap pengajar akan memberikan contoh baik pada anak didik. Sebab, apa pun yang dilakukan akan ditiru tanpa memikirkan dampaknya.

"Di sini pendidikan karakter dilakukan dengan menanamkan nilai moral Kristiani. Tapi nilai itu bersifat general jadi bisa diterapkan pada tiap agama," kata Ermawati, saat ditemui di Saint Nicholas School, Pantai Indah Kapuk (PIK), Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (14/5/2018).

Dijelaskannya, alat Indra pada anak lebih peka. Apa yang mereka lihat dan rasakan dapat mudah ditiru. Untuk itu, contoh baik itu pun perlu diterapkan oleh orangtua.

"Menghimbau kedua orangtua harus bersikap bijaksana terhadap anak. Memberikan contoh perilaku baik agar ditiru anak," jelasnya.

Lebih lanjut, orangtua tidak melontarkan kalimat berkonotasi negatif pada ada. Sebab, hal tersebut dapat menyebabkan psikologis dan emosional anak terganggu. Begitupun sebaliknya, harus melontarkan konotasi positif agar anak dapat lebih semangat menjalani hidup.

"Konotasi negatif itu misalnya 'kamu bodoh'. Itu justru akan berdampak anak semakin down," tutupnya.

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda