Pluit kapuk > Pendidikan

Keluarga adalah Tempat Pendidikan Karakter Terbaik

Senin, 14 Mei 2018 14:05 WIB
Editor : Ichwan Hasanudin | Reporter : Adi Wijaya

Saint Nicholas School
Foto : Malik Maulana

Share this








Keluarga menjadi sarana pendidikan karakter yang terbaik bagi anak selain dari sekolah.

PENJARINGAN - Pendidikan karakter anak kerap disalahartikan para orang tua murid. Mereka menyangka, pendidikan itu hanyalah didapatkan dari sekolah.

Guru Saint Nicholas School Ermawati Sihaloho (36) mengatakan, pendidikan karakter anak tak hanya didapatkan saat sekolah. Namun, awal pendidikan tersebut didapatkan dari lingkungan keluarga.

"Justru pendidikan karakter diawali dari lingkungan keluarga," kata Ermawati, saat ditemui di Saint Nicholas Shool, Pantai Indah Kapuk (PIK), Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (14/5/2018).

Dijelaskannya, kerja sama orang tua dengan sekolah harus selalu terjalin demi terbentuknya karakter anak. Sekolah hanya memberikan pengetahuan, sedangkan penerapan harus dilakukan di lingkungan keluarga.

"Pendidikan karakter ini harus sinkron antara sekolah dan lingkungan rumah. Pendidikan yang didapatkan anak saat di sekolah, tentu harus diterapkan di rumah," jelas Ermawati.

Untuk itu, lanjutnya, setiap kesempatan pihaknya pun selalu berkomunikasi dengan orang tua murid. Semisal, jika anak terlambat masuk sekolah, tentu pembinaan kepada orang tua langsung dilakukan tanpa menunggu tatap muka saat pembagian nilai raport akhir semester.

"Kita langsung komunikasikan kepada orang tua jika terjadi indisipliner anak. Jadi orang tua mengetahui dan bisa menerapkan itu di rumah dan tak lagi mengulanginya," tutup Ermawati.