Pluit kapuk > Pendidikan

Bunda, Ini Tips Ajak Anak Bersihkan Rumah

Selasa, 19 Juni 2018 15:01 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Sumber : Okezone.com

Ilustrasi (Ist)
Ilustrasi (Ist)
Foto : istimewa

Share this








Sejak dini, anak-anak dapat dilibatkan dalam aktivitas membersihkan rumah oleh orangtua.

PLUIT KAPUK – Saat ditinggal pembantu rumah tangga mudik Lebaran, mau tidak mau seluruh anggota rumah harus turun tangan membersihkan langsung rumah. Entah itu, ayah, ibu dan anak.

Khusus untuk anak, orangtua harus memiliki strategi agar mau membantu pekerjaan rumah meski porsinya kecil. Berikut tips mengajak anak membersihkan rumah, dilansir dari Washington Post.

1. Tegakkan aturan

Anda perlu menyusun peraturan dan menegakkannya pada anak-anak. Aturan tersebut penting agar setidaknya mereka disiplin dalam menaruh barang sehingga rumah tidak terlihat berantakan.

2. Buat aktivitas bersih-bersih lebih mengasyikkan

Alih-alih memerintahkan mereka untuk bersih-bersih, Anda bisa mengucapkan sesuatu yang lebih bersifat mengajak, tetapi jangan lupa mengatur targetnya. Misalnya, Anda bisa mengajak si kecil membereskan mainan atau kamar tidur dalam waktu kurang dari 30 menit dan siapkan hadiah jika target tercapai.  

 3. Hindari bentuk kata perintah

Sebisa mungkin hindari kata-kata atau kalimat bernada memerintah, seperti ‘Ibu/Ayah mau kamu bla bla’. Berbicara dengan sedikit nada percaya diri dan bersifat mengajak, agar anak lebih tertarik bukan terpaksa.

5. Tetapkan tugas bertahap

Anda bisa mulai mengajarkan bersih-bersih dengan tugas yang simpel seperti merapikan tempat tidur, beranjak sedikit ke kamar tidur. Setelahnya bisa dengan menyapu kamar, membuang sampah, dan mengelap kaca jendela.

Satu yang harus Anda ingat adalah semakin dibiasakan bersih-bersih, gaya hidup anak akan berubah perlahan-lahan. Selain mengajarkan hidup bersih, Anda secara tidak langsung juga mengajarkan mereka rasa bertanggung jawab dan memiliki terhadap tempat tinggal.