Pluit kapuk > Pendidikan

Banyak Koruptor Pertanda Indonesia Belum Merdeka

Rabu, 09 Agustus 2017 19:30 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Muhammad Azzam

Calon mahasiswa/I Universitas Bunda Mulia Jakarta
Calon mahasiswa/I Universitas Bunda Mulia Jakarta
Foto : Muhammad Azzam

Share this








Meskipun Indonesia telah merdeka selama 72 tahun tetapi anggapan kebebasan dari belenggu penjajah tersebut masih bias karena banyak koruptor.

PADEMANGAN – Beberapa calon mahasiswa Universitas Bunda Mulia (UBM) Jakarta belum merasakan kemerdekaan Indonesia yang telah berlangsung 72 tahun. Hal ini lantaran, masih banyak oknum pejabat pemerintahan yang melakukan tindak pidana korupsi.

"saya berpendapat Indonesia belum merdeka sepenuhnya karena masih banyak koruptor dan rakyat yang belum makmur sejahtera," ujar Roro Kurniawanta, calon mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial UBM saat ditemui kampus UBM Rabu (9/8/2017).

Mahasiswa lainnya Audyna Javadd, menyebut makna kemerdekaan itu ketika semua warga negara dari berbagai golongan saling menghormati dan membantu satu sama lain, tidak ada yang membeda bedakan.

"kita belum dewasa untuk bisa merdeka buktinya banyak sekali pertikaian hanya karena beda Ras dan juga merdeka nya Indonesia jangan dirusak kembali perpecahan yang sudah susah payah dibangun oleh pendahulu kita,"tuturnya.

Sedangkan Ratna Asmee mengungkapkan kemerdekaan yang telah diraih bukan berarti perjuangan berakhir, tetapi justru berjuangan harus lebih keras lagi dalam rangka mengisi kemerdekaan, sehingga cita-cita bangsa dapat tercapai. Mengisi kemerdekaan perlu didukung oleh berbagai komponen atau unsur bangsa. Dengan kata lain, dalam membangun Bangsa dan Negara dibutuhkan kerja sama dari semua pihak sesuai dengan fungsi dan kedudukan atau statusnya.

"Gimana Indonesia mau maju dalam pemerintahan saja berantem, sesama masyarakat bentrok, negara musuhin warganya begitupula sebaliknya. Ayolah harus sama sama bersatu dan kompak dan membangun Indonesia,"tutupnya.

Untuk diketahui, pada 17 Agustus mendatang, rakyat Indonesia akan memperingati hari kemerdekaan ke-72 TAHUN. Berbagai acara peringatan HUT RI telah disiapkan oleh intansi pemerintahan maupun swasta hingga warga sipil.