Kamis, 26 April 2018 12:37:00
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Adi Wijaya
Kartini Day di Apple Tree Preshool Muara Karang
Kartini Day di Apple Tree Preshool Muara Karang
Foto : Gusti P
 

PENJARINGAN - Keberhasilan Raden Ajeng (RA) Kartini meraih kemerdekaan bagi kaum hawa patut dikenang. Perjuangannya membawa perubahan kehidupan gelap wanita menjadi terang benderang. Bahkan, tak sedikit wanita yang kini menjabat sebagai pucuk pemimpin.

Mengenang jasa RA Kartini, banyak lembaga pendidikan saban tahun menggelar peringatan Kartini Day. Salah satunya, Apple Tree Preshool Muara Karang. Seluruh anak didik di sana dilibatkan dalam kegiatan tersebut. Mulai dari permainan tradisional hingga memasak hidangan tradisional.

Principal Apple Tree Preshool Muara Karang Tanty Marthauli mengatakan, peringatan Kartini Day telah dilaksanakan sehari sebelum kelahiran Kartini, yakni pada Jumat (20/4/2018). Tema kegiatan yang diangkat ‘Peran Anak Perempuan’.

"Peran anak perempuan saat ini sudah setara dengan anak laki-laki," kata Tanty, saat ditemui di Apple Tree Preschool Muara Karang, Jalan Muara Karang Blok i1 Selatan No. 26-28, RT20/02, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (26/4).

Menurutnya, peranan anak perempuan kini sudah setara dengan anak laki-laki. Siswa pun diterangkan tentang perjalanan hidup Kartini semasa hidupnya. Bagaimana, sepak terbangnya dalam mengangkat harkat dan martabat kaum hawa.

"Sebagian besar anak-anak sudah mengenal Kartini. Mereka tahu. Ya, siswa yang masih berumur kecil memang belum sedalam pengetahuannya dibandingkan siswa yang berumur agak besar," ungkapnya.

Selain menerangkan peranan anak perempuan, dijelaskannya dalam peringatan itu siswa juga diajak bermain permainan tradisional. Sebut saja, benteng dan lompat engklek. Juga diajarkan membuat masakan tradisional seperti biji salak dan es campur. 

"Siswa juga menampilkan kepiawaiannya menyanyikan lagu anak dan nasional seperti Ibu Kita Kartini, Burung Kakak Tua, Sue Ora Jamu, Rasa Sayange, Cublak-Cublak Suweng dengan iringan angklung. Perform siswa level nursery (3-4 tahun)," tutupnya.

 

 

Baca Juga

Berikan Komentar Anda