Kamis, 20 September 2018 11:38:00
Editor : Wahyu AH | Reporter : R Maulana Yusuf
Wisata dengan Kapal Pesiar Ternyata Jadi Impian Traveler Indonesia
Foto : istimewa
 

PENJARINGAN - Dwidayatour merilis hasil survey terbaru yang melibatkan lebih dari 1.200 traveler Indonesia. Survey terkait minat mereka dalam merencanakan wisata yang seru. Terbagi dalam tiga rentang usia, yaitu Gen Z (18-23 tahun), Gen Y (24-41 tahun) serta Gen X (42-52 tahun). 

Sebanyak 72 persen responden dari Generasi Z mengakui mereka menyediakan biaya kurang dari Rp 10 juta per tahun untuk liburan. Hanya 20 persen yang mengalokasikan biaya Rp 10-20 juta per tahun.

Sedangkan Generasi Y, sebanyak 39 persen responden menyediakan anggaran kurang dari Rp 10 juta per tahun, 32 persen lainnya menganggarkan Rp 10-20 juta per tahun untuk liburan. 

Adapun generasi X, sebanyak 27 persen responden mengalokasikan dana liburan Rp 10-20 juta per tahun dan 21 persen lainnya menyediakan kurang dari Rp 10 juta per tahun.

Secara umum, 49 persen traveler Indonesia menyediakan kurang dari Rp 10 juta rupiah per tahun dan 28 persen memang mengalokasikan dana liburan sebesar Rp 10-20 juta per tahun.

Terkait minat, wisata dengan kapal pesiar ternyata merupakan liburan impian traveler Indonesia. Sebanyak 52 persen responden menyatakan ingin menikmati liburan di samudra dengan kapal pesiar dan sebanyak 90 persen responden menyatakan belum pernah naik kapal pesiar.

Yang menarik, pilihan liburan itu ternyata menndominasi semua kelompok usia. Alternatif lain yang diiinginkan adalah liburan dengan paket tur ke suatu negara sebanyak 24 persen dan menginap di hotel unik dengan pemandangan alam sebanyak 10 persen.

“Liburan dengan kapal pesiar memang sedang menarik perhatian traveler Indonesia. Mereka ingin menikmati liburan dan atraksi-atraksi menarik di tengah samudra, dan merasakan pengalaman baru yang jarang ditemukan saat berwisata di daratan. Terbukti, sebanyak 79 persen responden menyatakan bahwa alasan mereka belum pernah menikmati kapal pesiar adalah faktor harga yang relatif mahal. Tetapi dengan alasan ingin menikmati pengalaman berbeda (71 persen), mereka tetap memimpikan liburan dengan kapal pesiar ini,” ujar VP Commercial Dwidayatour Hendriyapto.

Menyoal destinasi, Eropa (Mediterania/Non Mediterania) menjadi favorit sekitar 27 persen traveler Indonesia. Selain destinasi tersebut, Generasi Z ternyata juga sangat berminat mengunjungi Jepang, Korea dan Hong Kong dengan kapal pesiar.

Baca Juga

Berikan Komentar Anda