Pluit kapuk > Laporan Utama

Wali Kota Jakut Himbau Warga Tak Panik Hadapi Banjir

Selasa, 06 Februari 2018 12:10 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Adi Wijaya

Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad
Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad
Foto : Adi Wijaya

Share this








Walii Kota Jakut Husein Murad meminta warga tidak panik saat banjir menghadang. Tetap waspada memantau perkembangan banjir kiriman tersebut.

PENJARINGAN - Sejumlah wilayah di DKI Jakarta terdampak banjir akibat meluapnya ketinggian air di Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat. Bahkan, ratusan warga telah diungsikan ke tempat lebih aman.

Untuk menghadapi kondisi itu, Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad menghimbau warga tak panik. Tetapi tetap waspada memantau perkembangan banjir kiriman tersebut.

"Untuk warga tidak perlu panik karena petugas sudah bekerja maksimal," kata Husein saat meninjau kondisi rumah Pompa Air Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (6/2/2018).

Dijelaskannya, petugas telah mengatur pembagian aliran air yang memasuki wilayah Jakarta Utara. Salah satunya, aliran air Sungai Ciliwung yang dibagi melalui aliran air Banjir Kanal Barat (BKB).

"Ada tiga pembagian aliran air di Jakarta, yakni aliran Tengah, Banjir Kanal Timur (BKT) dan BKB," jelasnya.

Menurutnya, untuk wilayah Jakarta Utara, banjir diprediksi terjadi di kawasan Penjaringan dan Cilincing. Selain diakibatkan kontur tanah cekung, pembuangan air akan terhambat saat hujan kembali turun.

"Mobilisasi petugas terus dilakukan. Terutama memperbaiki tali-tali air, hingga saluran berskala mikro dan makro," tandasnya.