Pluit kapuk > Laporan Utama

Waduk Pluit Tampung Banjir Kiriman di Jakarta

Selasa, 06 Februari 2018 11:57 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Adi Wijaya

Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad saat mengecek pompa air di wilayahnya.
Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad saat mengecek pompa air di wilayahnya.
Foto : Adi Wijaya

Share this








Waduk Pluit siap menampung banjir kiriman yang berasal dari Bogor akibat tingginya intensitas hujan beberapa hari ini

PENJARINGAN - Wali Kota Jakarta Utara Husein Murad memastikan Waduk Pluit siap menampung aliran air. Terlebih, adanya banjir kiriman berasal dari Bogor, Jawa Barat yang memasuki sejumlah wilayah Jakarta.

"Ketinggian air di Waduk Pluit hingga Senin, (5/2/2018), Pukul 22.00 WIB masih dalam keadaan normal, yakni pada batas minus 170 meter," kata Husein saat ditemui di Waduk Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (6/2/2018).

Dijelaskannya, 10 pompa air yang terdiri dari pompa berkapasitas 4.000 meter kubik per detik, 5 meter kubik per detik dan 6.000 meter kubik per detik di lokasi itu pun dalam keadaan stabil. Artinya, seluruh pompa itu siap beroperasi, membuang air menuju laut Utara Jakarta.

"Semua pompa air di lokasi ini siap beroperasi jika sewaktu-waktu digunakan," jelasnya.

Senada dengannya, Pengawas Pompa Stasioner Waduk Pluit Edi Priyatno memastikan kondisi ketinggian air di waduk masih dalam keadaan normal. Status ketinggian air akan meningkat menjadi siang 4 jika ketinggian air mencapai minus 150 meter.

"Ketinggian air masih jauh jika kita naikan statusnya. Saat ini masih dalam keadaan normal. Tapi tidak menutup kemungkinan apabila kiriman banjir bertambah," tandasnya.