Pluit kapuk > Laporan Utama

Tertarik dengan Mangrove? Gabung Saja ke KOMMA

Jumat, 15 September 2017 16:15 WIB
Editor : Nurul Julaikah | Reporter : Farid Hidayat

Kawasan Hutan Mangrove di Muara Angke, Jakarta Utara
Kawasan Hutan Mangrove di Muara Angke, Jakarta Utara
Foto : Farid Hidayat

Share this








Tanaman Mangrove memiliki manfaat bagi sekumpulan anak-anak nelayan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pohon bakau.

PENJARINGAN - Komunitas Mangrove Muara Angke (KOMMA), beranggotakan anak-anak nelayan yang peduli terhadap ekosistem pesisir laut Jakarta. Berbagai kegiatan mulai dari pembibitan hingga menghijaukan wilayah pesisir Muara Angke dengan tanaman Mangrove.

Risnandar ketua KOMMA menjelaskan, semula area untuk penanaman Mangrove hanya seluas satu hektare. Di area seluas itu, hanya ada sekitar 200 pohon yang tertanam, tetapi tiga tahun berjalan sejak berdiri komunitas ini, jumlah taanaman menjadi 17 ribu pohon.

"Saat ini wilayah tersebut sering disebut dengan kawasan ecomarine. Kenapa disebut seperti itu, karena tempat ini selain sebagai tempat pembibitan dan penanaman juga sebagai tempat edukasi bagi masyarakat," ujarnya kepada Infonitas.com di Muara Angke, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (15/9/2017).

KOMMA, menurut Risnandar merupkan komunitas yang memberikan edukasi kepada masyarakat tentang  cara menanam dan pembibitan mangrove. Tak hanya itu saja, mereka juga berhasil menghasilkan produksi makanan dan makanan, seperti pengolahan buah dari jenis pidada menjadi sirup, dodol, dan selai.

 "Kami berharap lokasi ecomarine tersebut menjadi pusat penelitian mangrove dan tempat wisata baru," tuturnya.