Pluit kapuk > Laporan Utama

Tanpa Sarung Tangan, Anies Pungut Sampah di Teluk Jakarta

Senin, 19 Maret 2018 16:26 WIB
Editor : Muhamad Ibrahim | Reporter : Adi Wijaya

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau di Teluk Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat meninjau di Teluk Jakarta
Foto : Adi Wijaya

Share this








Meski kotor, Anies langsung mengambil sampah di Teluk Jakarta tanpa sarung tangan.

PENJARINGAN - Berbagai jenis bakteri berkembang pada tumpukan sampah. Seperti pada tumpukan sampah di Teluk Jakarta, Hutan Manggrove Muara Angke, Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara. Dari baunya saja, endapan sampah mencerminkan kandungan bakteri jahat yang dapat mengganggu kesehatan manusia.

Namun hal itu justru tak dipedulikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyied Baswedan. Secara sengaja, mantan Menteri Pendidikan itu justru memungut sampah tanpa pelindung sarung tangan. 

"Angkutnya memang harus pake tangan," ucap Anies, saat ditemui di Teluk Jakarta, Muara Angke Kelurahan Pluit, Penjaringan, Jakarta Utara, Senin (19/3/2018).

Dijelaskannya, pengangkutan sampah di lokasi tersebut sulit untuk menggunakan alat berat. Bahkan, alat manual seperti garpu pun tergolong sulit karena sampah yang sudah mengendap.

"Harus dengan cara manual dibersihkannya. Sampah ini sudah mengendap dan sulit dibersihkan," jelasnya.

Dia menghimbau, masyarakat harus lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. Sebab, sampah yang berada di Teluk Jakarta berasal dari barang bekas kehidupan sehari-hari. 

"Ini sampahnya banyak dari barang-barang kebutuhan sehari hari. Ada bekas mie instan, snack, dan berbagai kebutuhan hidup yang kita gunakan setiap hari," tutupnya.