Pluit kapuk > Laporan Utama

RTH Kalijodo Dimanfaatkan Jadi Arena Permainan Anak

Selasa, 14 Maret 2017 18:15 WIB
Editor : | Reporter : Muhammad Azzam

RTH Kalijodo
RTH Kalijodo
Foto : Muhammad Azzam

Share this








Suasana pasar malam yang penuh dengan permainan anak tidak jauh berbeda dengan kondisi RTH Kalijodo, Jakarta Utara sejak dibuka 22 Februari lalu.

PENJARINGAN – Para pemilik permainan anak memanfaatkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kalijodo Jakarta Utara untuk mengais rezeki. Sebab, fasilitas umum ini sejak diresmikan 22 Februari 2017 lalu tidak pernah sepi pengunjung.

Jasa penyewaan permainan anak, istana balon udara, kereta-keretaan maupun komedi putar mini kuda-kudaan menghiasi area RTH Kalijodo. Alhasil, bocah berusia dibawah 12 tahun kegirangan dengan arena permainan tersebut.

Menurut salah satu penjaga permainan anak Abbas (41), permainan ini sudah ada sejak tahun 2016 kemarin sebelum RTH diresmikan. Berbagai macam permainan digelar setiap hari mulai pukul 13.00 WIB hingga 21.00 WIB dengan dikenai tarif Rp 10.000 sepuasnya.

"Ramainya mah kalau tiap hari Sabtu dan Minggu, untuk malam Minggu kami buka bisa sampai pukul 11 malam. Anak-anak bisa naik atau main sepuasnya dan sebosennya saja tergantung permintaan kecuali kalau wahananya ramai baru kita batasi waktunya yaa sekitar 10-15 menit,"tuturnya saat ditemui infonitas.com, Selasa (14/3/2017).

Abbas mengaku, penghasilan yang diperoleh setiap harinya sekitar Rp 900.000, walaupun kadang tidak menentu. "Ya enggak nentu, kadang tiap harinya namanya juga kan usaha kalau lagi ramai sih bisa mencapai 1,5 juta (Rupiah) hingga 2 juta (Rupiah) per harinya, kalau jumlah ada berapa anak yang naik tiap harinya kita enggak pernah itung,"ungkapnya.

Ika (32) pengunjung yang anaknya sedang menikmati permainan kereta-keretaan, menilai keberadaan permainan anak di RTH ini sangat membantu dalam menambah tempat hiburan bagi anak-anak, hal itu dikarenakan masih minimnya permainan khusus anak balita di RTH kalau pun ada tidak dapat menampung seluruh pengunjung yang ada.

"Ya biarin lah walaupun harus bayar juga, yang penting anak terhibur dan senang aja,"singkatnya